Operasi Yustisi di St Tanah Abang, Wakapolri: Warga Mulai Jenuh Pakai Masker

Luqman Nurhadi - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 10:22 WIB
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono di Stasiun Tanah Abang. (Luqman/detikcom)
Jakarta - Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dan jajarannya menggelar Operasi Yustisi terkait pengawasan penggunaan masker di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat. Gatot menilai masyarakat mulai jenuh memakai masker sehingga perlu diingatkan.

"Dari evaluasi-evaluasi yang ada, yang terlemah itu masyarakat kita mulai mungkin karena mulai jenuh dalam penggunaan masker ini tidak tertib dan tidak disiplin. Itu yang kita lihat. Kita sekarang bersama-sama, tidak sendirian untuk melakukan pendisiplinan ini," kata Gatot di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (11/9/2020).

Gatot memantau langsung tim penegak disiplin protokol kesehatan COVID-19 di Stasiun Tanah Abang. Ada sekitar 20 personel di sana. Dia ingin keberadaan tim ini bisa dicontoh di tempat lain yang menjadi klaster-klaster penyebaran Corona, mulai perkantoran hingga pasar.

"Tentunya kita ke depan berharap tidak di sini saja, di tempat-tempat lain, ada klaster perkantoran, klaster pasar," ujar Gatot.

Wakapolri menekankan operasi yustisi bertujuan mengingatkan warga untuk memakai masker dengan cara humanis dan persuasif. Upaya ini dilakukan dalam rangka memutus rantai penyebaran Corona.

"Jadi ini bukan operasi represif, tapi operasi pendisiplinan kepada masyarakat supaya penggunaan masker dan protokol COVID-19 bisa dilakukan dengan baik. Setidaknya bisa mengurangi penularan Corona, itu tujuan kita. Kita berharap semua perkantoran di DKI ini bisa mencontoh dari Daops Stasiun Tanah Abang ini harapan kita ke depan," jelas Gatot.

Pagi ini, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dan jajarannya menyambangi Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut dalam rangka pengawasan protokol kesehatan COVID-19.

Turut hadir Kapolda Metro Irjen Nana Sudjana, Dirlantas Polda Metro Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto, dan Komandan Kodim (Dandim) 0501/Jakarta Pusat BS Kolonel Inf Luqman Arief. Mereka membagikan masker ke warga yang ada di Stasiun Tanah Abang.

Dalam kesempatan itu, Gatot mengecek protokol kesehatan COVID-19 di stasiun dan membagikan masker. Gatot mendapati salah seorang warga tidak memakai masker. Dia lantas mengingatkannya dan memberikan masker Merah-Putih.

Sebelumnya, TNI-Polri bersama Satgas COVID-19 serta KPU membagikan total lebih dari 34 juta masker ke seluruh Indonesia. Hal itu sebagai bagian dari kampanye penggunaan masker dan jaga jarak untuk menghindari kerumunan dalam rangka Operasi Yustisi dan Pilkada 2020 aman dan sehat.

"Total masker yang secara simbolis akan dibagikan di seluruh Indonesia ada sejumlah 34.355.302 masker. Nanti akan dibagikan secara serentak di seluruh Indonesia," kata Komjen Gatot di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (10/9).

Tonton video 'Gaduh! Penumpang Berjubel Masuk Stasiun Tanah Abang':

[Gambas:Video 20detik]



(ibh/ibh)