Periksa Rahmat, Kejagung Selidiki Proses Perkenalan Pinangki-Djoko Tjandra

Luqman Nurhadi - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 20:02 WIB
Dirdik Jampidsus Kejagung, Febrie Adriansyah.
Dirdik Jampidsus Kejagung, Febrie Adriansyah (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Teman dekat jaksa Pinangki Sirna Malasari, Rahmat, diperiksa penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung (Kejagung) hari ini. Dalam pemeriksaan tersebut, penyidik menyelidiki peran Rahmat hingga bisa memperkenalkan jaksa Pinangki dengan Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra.

"Yang jelas, dia (Rahmat) diperiksa ini keterkaitan dari proses bagaimana Pinangki bisa ke Djoko Tjandra," kata Dirdik Jampidsus Kejagung Febrie Adriansyah di Gedung Bundar, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020).

Febrie menyebut pihaknya juga mencari tahu siapa sebenarnya Rahmat. Itu dilakukan agar diketahui kapasitas Rahmat dalam kasus dugaan suap yang menjerat jaksa Pinangki.

"Peran Rahmat ini apa, siapa Rahmat ini, siapa yang kenal pertama. Rahmat, Pinangki, Djoko Tjandra, ini kan semua ditelusuri agar kita tahu pasti Rahmat ini kapasitasnya apa," ujar Febrie.

Sebelumnya, penyidik Kejagung telah memeriksa seorang saksi bernama Rahmat dalam pusaran kasus suap yang menjerat jaksa Pinangki Sirna Malasari dan Djoko Tjandra. Siapa sebenarnya Rahmat?

Dalam jadwal pemeriksaan yang disampaikan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiyono pada Rabu (9/9) kemarin, identitas Rahmat hanya disebut sebagai swasta atau teman Pinangki. Rahmat menjalani pemeriksaan bersama sejumlah saksi lainnya, mulai pegawai bank hingga agen broker apartemen.

Namun sebenarnya Hari pernah mengungkap dugaan peran Rahmat dalam kasus ini. Rahmat disebut Hari sebagai penghubung Pinangki dengan Djoko Tjandra.

"Rahmat yang kami ketahui di proses awal itulah yang memperkenalkan kepada Joko Soegiarto Tjandra," ucap Hari pada Kamis (27/8).

(zak/zak)