Tank TNI Tabrak Gerobak-Motor, Golkar Desak Investigasi Lebih Dalam

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 19:31 WIB
Dave Laksono
Dave Laksono (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Satu unit tank milik TNI AD mengalami kecelakaan tunggal dan menabrak motor hingga gerobak di Kabupaten Bandung Barat. Anggota Komisi I dari Fraksi Golkar, Dave Akbarshah Fikarno atau Dave Laksono, mengatakan kejadian tersebut harus dijadikan pelajaran.

"Ya memang itu kecelakaan. Itu kan memang lagi iring-iringan, iring-iringan terus mungkin ngambil manuvernya salah lalu kemudian kebuang kan. Nah, cuma ini harus jadi perhatian dan pelajaran," ujar Dave saat dihubungi pada Kamis (10/9/2020).

"Jadi kalau buat pengendara tank ya. Kalau belum mahir ya jangan mengambil manuver tajam dan jangan mengendarakan di ruang publik," imbuhnya.

Wasekjen Partai Golkar Dave Laksono menyarankan agar komandan terkait di TNI perlu melakukan penyelidikan di kejadian tersebut. Menurutnya, perlu didalami apakah itu kesalahan pengendara atau tank tersebut dalam keadaan tidak optimal.

"Komandan terkait harus menyelidiki, memeriksa kesalahannya di mana. Apakah itu murni kesalahan pengendara atau ada juga kendaraannya yang tidak dalam kondisi optimal," ucap Dave.

Dave pun meminta adanya investigasi atas kejadian tersebut. Menurutnya, jika memang ditemukan kelalaian harus diikuti hukuman terhadap pihak terkait.

"Jadi dari Puspom dan unit terkait itu harus diinvestigasi lebih dalam persoalannya di mana, kesalahannya siapa, kalau harus ada perubahan dari SOP ya perubahan dari SOP. Kalau memang sopirnya yang lalai ya harus ada hukuman. Kita serahkan dulu ke internal TNI AD ya khususnya," ucapnya.

Sebelumnya, beredar di media sosial Instagram satu unit tank milik TNI AD mengalami kecelakaan tunggal di ruas Jalan Raya Cipatat atau tepatnya depan Polsek Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (10/9).

Video berdurasi 19 detik yang diabadikan oleh warga menunjukkan ada dua tank yang keluar dari Jalan Saguling, area PLTA Saguling, menuju Jalan Raya Cipatat. Saat melaju, tank pertama berhasil berbelok dengan mulus. Namun tank kedua tersebut tak terkendali, lalu menghantam sepeda motor dan gerobak penjual gorengan.

Panit Lantas Polsek Cipatat Ipda Nana mengatakan akibat kecelakaan tersebut gerobak dan sejumlah motor yang sedang berada di pinggir jalan mengalami kerusakan. "Betul ada kecelakaan tank Yonkav 4, tapi itu sebetulnya hanya kecelakaan biasa saja," ucap Nana saat dihubungi detikcom.

Pihak TNI memastikan tak ada korban jiwa dalam insiden tank menabrak motor-gerobak di Kabupaten Bandung Barat. Bahkan pihak TNI sudah mengganti kerugian yang dialami oleh warga.

"Tidak ada korban jiwa, hanya materiil saja," ujar Kapendam III Siliwangi Kolonel Infanteri FX Sri Wellyanto di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (10/9)

(hel/imk)