Satgas COVID-19: 70 Daerah Zona Merah, Ini Peringatan bagi Semua

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 16:57 WIB
Poster
Foto Ilustrasi penyebaran Corona di Indonesia (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengungkapkan bahwa saat ini terdapat 70 kabupaten/kota yang berstatus zona merah virus Corona. Satgas COVID-19 meminta pemerintah daerah sesegera mungkin menekan angka penularan Corona.

"Berdasarkan analisa mingguan yang diolah oleh Satgas dengan sumber data dari Pusdatin Kementerian Kesehatan, kita bisa lihat bahwa saat ini ada 70 kabupaten/kota dengan zona merah dan ada 267 kabupaten/kota dengan zona oranye atau risiko sedang," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube Setpres, Kamis (9/9/2020).

Dalam konferensi pers tersebut ditampilkan data daerah berstatus zona kuning dan hijau Corona. Terdapat 114 kabupaten/kota yang berstatus zona kuning, dan 63 kabupaten/kota yang masuk kategori zona hijau.

70 daerah berstatus zona merah Corona, Kamis (9/9/2020).Foto: 70 daerah berstatus zona merah Corona. (Screenhsot YouTube Setpres)

Kembali ke Wiku, dia mengingatkan kepada pemda yang daerahnya masuk kategori zona merah dan oranye untuk segera berbenah. Wiku menuturkan pemda terkait harus memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan.

"Ini adalah peringatan bagi kita semuanya, dan aba-aba untuk daerah sesegera mungkin menekan penularan. Utama penularan bisa terjadi dengan menjalankan aktivitas sosial ekonomi yang tidak patuh pada protokol kesehatan," sebut Wiku.

"Pemda, dengan dukungan kepolisian dan Satpol PP perlu memperketat pengawasan dari pelanggaran protokol kesehatan," imbuhnya.

Satgas COVID-19 juga meminta kepada masyarakat, terutama yang berada di zona merah dan oranye, agar mematuhi protokol kesehatan. Wiku mengatakan penularan Corona tidak dapat ditekan tanpa adanya partisipasi masyarakat.

"Kami mohon agar seluruh masyarakat betul-betul disiplin, terutama untuk zona-zona merah maupun oranye, yang sealu dilakukan update setiap minggu agar betul-betul zona ini bisa menjadi lebih baik, karena tingkat penularannya bisa ditekan dengan seluruh partisipasi masyarakat, terutama dalam menjalankan protokol kesehatan yang dipastikan juga dengan pengawasan dari pemeritnah daerah dan aparat setempat," papar Wiku.

Sebelumnya, sebanyak 3.861 kasus baru Corona ditemukan di RI hari ini. Dari 3.861 kasus, sebagian besar berada di DKI Jakarta dengan 1.274 kasus.

(zak/imk)