Mahasiswa Riau Bernama Anjay yang Viral Ngaku Canggung Saat Berkenalan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 14:59 WIB
Anjay Syaiful Islam, mahasiswa UIN Pekanbaru yang viral.
Anjay Syaiful Islam, mahasiswa UIN Pekanbaru yang viral. (Chaidir/detikcom)
Pekanbaru -

Mahasiswa di Riau bernama Anjay Syaiful Islam merasa kebingungan jika berkenalan dengan seseorang. Hal ini terjadi setelah kata 'anjay' menuai polemik karena diartikan sebagai nama binatang peliharaan.

Anjay bercerita ia canggung jika menyebut namanya ke sejumlah orang yang baru ia kenal.

"Kalau sama teman akrab saya tak masalah, walau kadang mereka bergurau mempelesetkan kata 'anjay'. Tapi karena itu kawan akrab, ya tak masalah buat saya," kata Anjay dalam percakapan dengan detikcom, Rabu (9/9/2020).

"Ya bingung gitu (berkenalan dengan seseorang yang tidak dikenal sebelumnya), nanti disangka main-main. Kadang pas disebut nama 'Anjay', ada yang nggak percaya. Ada juga yang bilang saya ini bercanda," kata Anjay.

Walau kata 'anjay' yang lagi viral saat ini sering dipelesetkan, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Pekanbaru itu sama sekali tidak berniat mengganti sebutan namanya. Misalnya, dengan sebutan nama Syaiful atau Islam.

"Nggak. Kalau kenalan tetap nyebut nama 'Anjay'. Biarin sajalah. Itu kan nama dikasih orang tua. Kan sekarang saja yang jadi masalah, dulu-dulunya nggak," kata Anjay.

Gambar e-KTP dan kartu mahasiswa ini ramai di-posting ulang. Bahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga ikut mengunggah.

Anjay menyebutkan, sejak kata 'anjay' menjadi viral karena dianggap sebagai bentuk pengganti nama binatang peliharaan seperti anjing, dia sempat tersinggung.

"Awalnya saya tersinggung juga melihat pelesetan itu di beberapa kali talkshow di TV dalam bentuk candaan. Kenapa harus nama 'Anjay', kenapa bukan kata yang lainnya saja," kata anak kedua dari dua bersaudara itu.

Anjay, mahasiswa asal Kabupaten Siak, Riau, menyebut lama-lama pelesetan namanya menjadi hal yang biasa.

Seperti diketahui, kata 'anjay' ramai diperbincangkan setelah dibahas artis sekaligus YouTuber, Lufti Agizal, di channel YouTube-nya. Bukan hanya membahasnya, Lutfi Agizal juga mengadukan anak yang memakai kata 'anjay' ke KPAI.

Belakangan, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) meminta penggunaan kata 'anjay' dihentikan sekarang juga. Komnas PA menilai kata 'anjay' yang sedang populer dipakai anak-anak bisa berpotensi dipidana.

"Ini adalah salah satu bentuk kekerasan atau bullying yang dapat dipidana, baik digunakan dengan cara dan bentuk candaan. Namun, jika unsur dan definisi kekerasan terpenuhi sesuai dengan ketentuan Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, tindakan itu adalah kekerasan verbal. Lebih baik jangan menggunakan kata 'anjay'. Ayo kita hentikan sekarang juga," kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Sabtu (29/8).

Tonton video 'Jangan Lebay Pidana Anjay':

[Gambas:Video 20detik]



(cha/isa)