Bertambah, ASN Pemprov Maluku yang Positif Corona Jadi 200

Muslimin Abbas - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 13:54 WIB
Tenda pelayanan publik di luar kantor Gubernur Maluku (Muslimin Abbas/detikcom)
Tenda pelayanan publik di luar kantor Gubernur Maluku (Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon -

Aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku yang positif Corona (COVID-19) bertambah. Kini tercatat sudah ada 200 ASN yang kena Corona. Sebanyak 50 dari 200 di antaranya merupakan ASN yang bertugas di kantor Gubernur Maluku.

"Kalau untuk kita sendiri, Provinsi sudah mendekati angka 200 orang yang terpapar dari awal ya, mulai dari COVID ini ada, (dari) 200 orang kita di kantor Gubernur sendiri 50-an orang," ujar Sekretaris Daerah Pemprov Maluku Kasrul Selang, Rabu (9/9/2020).

Kasrul mengatakan kini pihaknya akan membuat tim asesmen untuk menilai kelayakan ruangan di kantor pemerintahan dari sisi protokol kesehatan. Untuk mencegah penyebaran virus, lokasi pelayanan publik Pemprov Maluku tidak lagi berada di dalam kantor, melainkan di halaman parkir kantor Gubernur.

"Kemudian yang berikut tata kelola perkantoran seperti yang Saudara lihat semua, kita banyak melakukan pelayanan di luar kantor, ada tenda-tenda, bahkan nanti pimpinan-pimpinan kantor kita terima tamu di luar kantor. Kami termasuk saya 1 atau 2 hari terima tamu secara periodik semua ini dalam rangka kita menuju ke kantor tangguh di mana kantor itu sudah siap kegiatannya tapi protokolnya diperketat," kata Kasrul.

Pantauan detikcom, pelayanan publik dipindah ke tenda-tenda di luar kantor Gubernur Maluku. Pada tenda tersebut terlihat logo BNPB.

Lokasi tenda hanya beberapa meter dari kantor Gubernur Maluku. Pada bagian dalam gedung, terlihat sejumlah petugas Satpol PP berjaga di sejumlah titik. Mereka tampak memakai masker.

(isa/isa)