Perlintasan Rel KA di Jalan Perjuangan Bekasi Ditutup Sebagian Selama 10 Hari

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 06:31 WIB
Penutupan sebagian perlintasan rel kereta api di Jalan Perjuangan, Kota Bekasi
Penutupan sebagian perlintasan rel kereta api di Jalan Perjuangan, Kota Bekasi (Foto: dok. Istimewa)
Bekasi -

Perlintasan rel kereta api (KA) yang berada di Jalan Perjuangan, Kota Bekasi, akan ditutup sebagian. Penutupan itu akan berlangsung 10 hari terhitung mulai hari ini.

"Sehubungan dengan pembangunan Stasiun Bekasi akan dilakukan penutupan sementara perlintasan sebidang Jalan Perjuangan selama 10 hari dari tanggal 9 September 2020 sampai dengan 19 September 2020," ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengembangan DDT Paket B Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta Banten Kementerian Perhubungan, Andhika Mardjuni, kepada detikcom, Selasa (8/9/2020).

Penutupan dijadwalkan pukul 09.00 hari ini. Namun, waktu penutupan bisa berubah tergantung kondisi lapangan dan kebijakan Dishub Kota Bekasi.

"Perlintasan sebidang tersebut akan ditutup sebagian dan hanya berfungsi 1 jalur. Yang ditutup adalah dari sisi selatan (Jalan Juanda) menuju sisi utara (Jalan Perjuangan). Sedangkan arah sebaliknya akan tetap dibuka," kata Andhika.

Penutupan ini dikarenakan adanya pembangunan rel kereta api di sisi selatan Stasiun Bekasi. Sebanyak 4 rel akan dibangun.

"Karena nanti Stasiun Bekasi akan ada 8 jalur. Sekarang baru ada 4," imbuhnya.

Kemenhub telah berkoordinasi dengan PT KAI, Dishub Kota Bekasi, serta Polres Metro Bekasi Kota terkait penutupan perlintasan ini. Keputusan ini tertuang dalam Surat Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten No. KA.003/184/BTPWJB/2020 tanggal 3 September 2020 kepada Kepala Polres Kota Bekasi dan Kepala Dishub Kota Bekasi.

(isa/eva)