Terancamnya Eksistensi Bangunan Era Belanda di Bawah Stasiun Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 11:28 WIB
Diduga saluran air zaman Belanda, ditemukan di bawah Stasiun Bekasi.
Diduga saluran air zaman Belanda, ditemukan di bawah Stasiun Bekasi (Foto: dok. istimewa)
Bekasi -

Setelah era penjajahan berakhir, Belanda meninggalkan sejumlah bangunan bersejarah di Kota Bekasi, Jawa Barat. Siapa sangka, bangunan sarat sejarah masih tersimpan utuh di bawah Stasiun Bekasi.

Seorang pekerja yang sedang menggarap proyek double double-track (DDT) di Stasiun Bekasi menemukan adanya bongkahan batu bata di kedalaman 1,5 meter di bawah permukaan tanah. Batu bata itu memiliki panjang 27 cm, lebar 7 cm, dan ketebalan 5 cm.

Setelah digali lebih dalam, batu bata itu tersusun rapi dengan membentuk pola setengah lingkaran, persis menyerupai saluran air. Total terdapat dua spot susunan batu bata yang berdiameter 2,5 meter dengan jarak 4 meter antarsaluran. Bangunan diduga saluran air itu tertutup lumpur padat hingga batu.

"Dugaan terberat kami itu semacam saluran air," ujar sejarawan Bekasi sekaligus Ketua Tim Cagar Budaya Kota Bekasi, Ali Anwar, ketika dihubungi, Rabu (11/8/2020).

Saluran air peninggalan Belanda itu tersambung dari parit di Jalan Ir H Juanda (depan Stasiun Bekasi) lalu berbelok ke Jalan Pramuka (kantor PMI Kota Bekasi) hingga ke Kali Bekasi. Ali mengatakan saluran air itu diduga diperuntukkan buat menyalurkan air dari parit yang berada di Jalan Ir H Juanda ke Kali Bekasi.

Ali bercerita dulu Bekasi dikuasai tuan tanah dari Eropa dan China. Mereka membuat sejumlah industri, mulai pabrik gula, pabrik karet, hingga persawahan. Untuk dapat mempermudah pendistribusian produk-produk pangan tersebut, dibangunlah rel kereta api secara masif di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Pembangunan Stasiun Bekasi dimulai pada 1880 dan selesai pada 1887. Stasiun Bekasi didirikan seiring adanya pembangunan rel kereta dari Jakarta Kota ke Jatinegara hingga Karawang. Stasiun Bekasi dibangun di dekat pusat pemerintahan Bekasi, yang dahulu masih berupa kewedanan, yakni di Alun-alun Bekasi.

Tonton video 'Diduga Ada Sisa Bangunan Sejarah di Bawah Stasiun Bekasi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2