Menristek: Tidak Mungkin Herd Immunity Terjadi Sendiri Tanpa Vaksin

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 08 Sep 2020 17:48 WIB
Kepala staf presiden Moeldoko bersama Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro dan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Prof Rhenald Kasali menjadi pembicara dalam diskusi SDM Unggul, Indonesia Maju di Jakarta, Rabu (14/8/2019). Dalam diskusi inj membahas mengenai tantangan Indonesia menyiapkan SDM-nya dalam menghadapi industri 4.0.
Foto: Bambang Brodjonegoro (Grandyos Zafna)

Herd immunity menurut Bambang dapat terjadi dengan dua cara yakni secara alamiah dan vaksinasi. Peran penting vaksinasi inilah yang ditekankan oleh Bambang.

"Herd immunity bisa terjadi dengan 2 kondisi, memperbaiki imunitas secara umum, yang berasal dari dalam, maupun yang natural, seperti tadi ada suplemen kita minum vitamin, plus olahraga, atau yang sudah ada daya tahan tubuh," kata Bambang.

"Atau yang kedua, dan ini yang mungkin harus kita lakukan, memperbaiki imunitas dengan vaksinasi. Jadi kami ingin menekankan pentingnya vaksinasi adalah untuk kita akhirnya bisa menciptakan kondisi herd immunity," imbuhnya.

Halaman

(rfs/zak)