Ada 34 Paslon di Pilkada Se-Riau, Terbanyak di Inhu

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 08 Sep 2020 17:22 WIB
Ilustrasi jari yang dicelupkan ke tinta usai pemilu
Ilustrasi Pilkada (Dikhy Sasra/detikcom)
Pekanbaru -

Ada sembilan kabupaten/kota di Riau yang bakal menggelar Pilkada 2020. KPU Riau mengatakan ada 34 bakal pasangan calon yang telah mendaftar di sembilan daerah itu.

"Ada 34 paslon kepala daerah dari sembilan kabupaten dan kota di Riau yang telah mendaftar di KPU," kata Ketua KPU Riau, Ilham Yasir, kepada wartawan, Selasa (8/9/2020).

Ilham menjelaskan di Riau ada delapan kabupaten dan satu kota yang melaksanakan Pilkada. Kesembilan wilayah itu adalah Indragiri Hulu (Inhu) dengan lima paslon.

Kabupaten Siak empat bakal paslon, Pelalawan tiga bakal paslon, Bengkalis empat bakal paslon, Rokan Hulu (Rohul) tiga bakal paslon, Kuansing tiga bakal paslon, Kepulauan Meranti empat bakal paslon, Rokan Hilir (Rohil) empat bakal paslon, dan Kota Dumai empat bakal paslon.

"Terbanyak paslon di Kabupaten Inhu 5. Dari 34 paslon hanya ada satu paslon dari perorangan di Inhu. Selebihnya paslon dari partai," kata Ilham.

Saat ini pihaknya melakukan pemeriksaan administrasi dan cek kesehatan. Verifikasi dilakukan terhitung dari 6 sampai 12 September.

"Pemeriksaan administrasi setiap paslon lagi dilakukan pemeriksaan. Begitu juga dengan cek kesehatan," kata Ilham.

Menurutnya, ada dua kandidat yang terkonfirmasi virus Corona. Satu kandidat Bupati Rohil Suyatno dan calon Wakil Bupati Meranti Abdul Raup.

"Namun untuk Suyatno kita dapat kabar hasil cek kesehatannya sudah negatif. Nantinya pihak KPU Rohil akan cek langsung ke pihak rumah sakit. Intinya soal COVID-19 tidak menggugurkan pencalonan," tutup Ilham.

(cha/haf)