Wagub DKI: 4.397 Pasien Corona di Jakarta Adalah Anak 19 Tahun ke Bawah

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Selasa, 08 Sep 2020 16:52 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terus memantau penanganan penyebaran virus Corona di Ibu Kota. Menurut Riza, saat ini ada 4.397 anak berusia 0-19 tahun yang terpapar virus Corona atau 9,2 persen dari total jumlah kasus positif di DKI Jakarta.

"Hari ini (kemarin, red) saya buka website corona.jakarta.go.id untuk mengecek berapa anak yang positif COVID-19. Sebanyak 4.397 kasus positif di Jakarta adalah anak usia 0-19 tahun atau 9,2 persen dari total kasus COVID-19 di DKI Jakarta adalah anak usia di bawah 19 tahun," ujar Riza dalam video di akun Instagram-nya, seperti dilihat detikcom, Selasa (8/9/2020).

Riza meminta seluruh orang tua senantiasa memberikan pemahaman mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Misalnya menerapkan 3M, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak.

"Ibu/Bapak yang kami hormati, ayo kita semakin waspada, jelaskan kepada anak-anak kita, mengapa harus pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan. Ajak anak-anak kita membuat video singkat tentang 3M untuk di-posting di media sosial, libatkan mereka dalam sejarah penanganan COVID-19," katanya.

Politikus Partai Gerindra itu juga meminta para orang tua senantiasa menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Ketika sudah berada di rumah, segera rendam baju yang baru digunakan di tempat cucian.

"Kepada para orangtua yang beraktivitas di luar rumah wajib menerapkan 3M, pastikan sampai rumah langsung mandi, merendam baju agar tidak membawa kuman," ujarnya.

Riza kemudian mengingatkan anak-anak usia pelajar menghindari kegiatan nongkrong. "Untuk Adik-adik pelajar, hindari nongkrong, mari jadi anak muda yang berkontribusi untuk lingkungan dengan ikut memantau dan mengingatkan jalannya 3M," ucap Ariza.

"Di antara kita ada yang bilang pakai masker kurang nyaman. Ingatlah perkataan Pak Gub @aniesbaswedan : pakai masker mungkin tak nyaman, tapi lebih tak nyaman lagi dirawat karena COVID-19," imbuhnya.

Total kasus Corona di Jakarta hingga hari ini sebanyak 47.796. Sebanyak 35.431 di antaranya telah dinyatakan sembuh dari virus Corona.

(man/zak)