SIDAK 7 September: 5 Berita Teraktual Hari Ini

Matius Alfons - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 22:09 WIB
Kaesang Pangarep turut hadir di RSPAD, Jakarta, Minggu (12/8/2018). Putra bungsu Jokowi itu mengenakan t-shirt yang semakin memperlihatkan tubuh kekarnya.
Kaesang Pangarep (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Sirkuit Mandalika Lombok yang resmi menjadi salah satu lokasi untuk jadwal balapan MotoGP pada 2021 ramai diperbincangkan hari ini. Selain itu, Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang yang melakukan perburuan pedagang online palsu juga turut ramai dibahas oleh netizen.

Rangkuman berita-berita populer itu ditayangkan dalam video, berjudul SIDAK!: 7/9/2020 DARI KABAR MOTOR GP DI SIRKUIT MANDALIKA SAMPAI ANSU FATI MENCETAK REKOR! yang diunggah oleh akun Youtube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut 5 rangkuman berita populer hari ini:

1. Sirkuit Mandalika Indonesia Resmi Masuk ke Kalender MotoGP 2021

Indonesia bisa dipastikan menggelar balapan MotoGP pada 2021 mendatang. Bahkan layout sirkuit Mandalika, Lombok pun sudah tercantum di situs resmi penjualan tiket MotoGP.

Tak hanya di situs resmi penjualan tiket MotoGP, Grand Prix Indonesia juga sudah tercantum di dokumen FIM GP World Championship Regulations (update 25 Agustus 2020) halaman 34. Hingga kini pembangunan sirkuit Mandalika yang dapat menampung 150.000 penonton sendiri masih terus dikebut.

Targetnya sirkuit tersebut akan rampung dibangun pada pertengahan 2021. Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang sekitar 4,32 km, dengan tikungan sebanyak 18 buah.

2. Ansu Fati Pencetak Gol Termuda Spanyol

Salah satu pemain muda, Ansu Fati mencetak rekor usai Spanyol menumbangkan Ukraina 4-0 dalam pertandingan UEFA Nations League. Ansu Fati disebut menjadi pemain Spanyol termuda yang mencetak gol di laga internasional.

Pemain didikan akademi Barcelona itu membuat gawang Ukraina bergetar pada menit ke-32 lewat sepakan melengkung ke pojok kanan bawah dari luar kotak penalti. Usai bikin gol, Ansu Fati langsung dikerubungi rekan-rekannya karena dia memecahkan rekor baru di Timnas Spanyol.

Setelah 95 tahun, gelar pencetak gol termuda Tim Matador jadi milik Ansu Fati di usia 17 tahun dan 311 hari. Ansu Fati mengalahkan rekor Juan Errazquin yang membuat gol ke gawang Swiss pada 1925 saat berusia 18 tahun dan 344 hari.


3. Pewarna Rambut Tingkatkan Risiko Penyakit Kanker

Penelitian Harvard University menyebutkan pewarna rambut ternyata berbahaya bagi tubuh manusia. Mewarnai rambut disebut dapat meningkatkan resiko penyakit kanker.

Studi ini dilakukan oleh para peneliti dari Harvard University yang menyebutkan proses pewarnaan rambut berdampak pada peningkatan resiko kanker payudara, ovarium, hingga kulit. Ini dapat terjadi lantaran sejumlah bahan yang terkandung pada pewarna rambut dapat berbahaya bagi tubuh.



4. 7 September Hari Perlindungan Pembela HAM RI

Hari ini tepat 16 tahun sudah kasus pembunuhan aktivis HAM Munir bin Thalib berlalu, tapi belum ada titik terang. Atas dasar insiden itu, 7 September pun ditetapkan sebagai Hari Perlindungan Pembela HAM RI.

KontraS, yang juga bergabung dengan Komite Aksi Solidaritas untuk Munir (KASUM), pun menagih janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang pernah menyatakan akan menuntaskan kasus Munir. KontraS menagih keseriusan pemerintah mengungkap dalang dari pembunuhan Munir.

"Dengan adanya pembunuhan yang sangat tidak manusiawi, dan dugaan keterlibatan orang-orang yang memiliki kekuasaan, kami menuntut agar negara segera membuat pengakuan bahwa pembunuhan Munir merupakan sebuah pelanggaran HAM berat. Negara harus menanggapi ini dengan lebih serius," ujar Koordinator KontraS, Fatia Maulidiyanti, dalam keterangan pers, Senin (7/9/2020).

"Kami menuntut Presiden Joko Widodo, yang telah berjanji di hadapan publik untuk menyelesaikan kasus ini, untuk membuat aksi yang jelas dan konkret. Aksi konkret ini bisa dimulai dengan melakukan tinjauan atas beberapa perkara pidana sehubungan dengan pembunuhan Munir, termasuk dugaan pelanggaran standar-standar HAM internasional," tegasnya.

5. Kaesang Buru Pedagang Ponsel Bodong di Instagram

Kelakuan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep ramai diperbincangkan oleh netizen. Kali ini, Kaesang ngisengin akun-akun online shop penipu.

Awalnya, Kaesang mendapat laporan soal akun Instagram penjual pakaian yang sebenarnya penipu. Dia lalu memesan dari online shop itu dengan membayar Rp 125.000 dengan menyertakan alamat pengiriman ke Istana Presiden Bogor.

Namun lucunya, setelah ditransfer, ternyata uang Kaesang pun dikembalikan oleh pemilik akun toko. Kaesang pun diblok oleh akun tersebut.

"Belom transfer duitnya tapi saya udah diblok," kata Kaesang.

"Gak seru ah. Akun olshop penipu pada ngeblok saya," ujarnya lagi.

(maa/gbr)