Anies Ajak Daerah Lain Tingkatkan Tes Corona Sesuai Instruksi Jokowi

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 21:25 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan di Jalan Danau Sunter Selatan, Jakarta Utara, Selasa (1/9/2020).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan tugu peti mati korban COVID-19 di Jakarta Utara. Tugu peti mati itu dibuat sebagai peringatan akan bahaya COVID-19. (M Ilman/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak daerah lain meningkatkan tes Corona di wilayah masing-masing. Menurutnya, hal itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tentu kita berharap bahwa seluruh wilayah bukan hanya Jabodetabek karena kalau berbicara wabah ini ya semua wilayah yang di situ terjadi wabah, maka mau tidak mau harus digenjot. Kita berharap kemampuan testing ditingkatkan sesuai dengan instruksi presiden," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (7/9/2020).

Anies mengatakan saat ini kapasitas tes Corona di Jakarta sudah 10-11 kali lipat dari standar WHO. Sedangkan kegiatan tes Corona di Jakarta telah dilakukan 5 kali lipat dari standar WHO.

"Kalau kapasitas testing-nya itu 10-11 kali dari WHO, dan kegiatan testing kita sampai 5 kali sehingga di Jakarta ini terdeteksi awal. Efeknya apa? Efeknya tingkat kematian yang terpapar COVID-19 di Jakarta itu menjadi bisa ditekan rendah. Mengapa? Karena terdeteksi awal. Ini kunci mengapa testing itu tinggi," katanya.

Sebelumnya, Anies menyebut sebagian jumlah pasien Corona (COVID-19) yang dirawat di Jakarta bukan warga DKI. Menurutnya, saat ini ada 10-15 persen pasien Corona yang dirawat adalah warga luar Jakarta.

"Sebagian yang dirawat di Jakarta bukan lah warga Jakarta, pernah lebih dari 30 persen yang berada di Jakarta bukan warga Jakarta," ujar Anies di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (7/9).

(man/jbr)