Kasus Polisi Tembak Warga di Makassar, Polda: Banyak yang Langgar Prosedur

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 16:06 WIB
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo
Foto: Kabid Humas Polda Sulsel Ibrahim Tompo (Hermawan Mappiwali/detikcom).
Makassar -

16 Oknum polisi yang diperiksa dalam kasus penembakan 3 warga di Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar telah dipulangkan. Namun hasil pemeriksaan menunjukkan 16 polisi tersebut banyak yang melanggar prosedur saat insiden penembakan terjadi.

"Banyak lah. Yang jelas banyak sekali, yang banyak itu melanggar prosedur," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo saat ditemui detikcom di kantornya, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Senin (7/9/2020).

Kombes Ibrahim sendiri masih enggan mengungkap jumlah pasti oknum polisi yang melakukan pelanggaran prosedur. Pasalnya, Propam Polda Sulsel saat ini masih dalam tahap merampungkan kelengkapan berkas hasil berita acara pemeriksaan (BAP) ke-16 oknum polisi tersebut.

"Nanti saja, berkas lengkap nanti kita informasikan lah. Kalau nggak, tanggung-tanggung nanti. Tapi yang jelas ada yang diproses," bebernya.

"Saya nggak boleh mendahului BAP, siapa tau tiba-tiba tandatangan, 'Pak saya ndag mengakui, berubah (kesaksian) dia, apa yang disampaikan Kabid Propam berubah juga dia," sambung Ibrahim.

Namun Ibrahim mengungkap jumlah oknum polisi yang diduga melakukan pelanggaran prosesur saat bertugas tersebut tak kurang dari 3 orang.

"Intinya lebih (dari 3 orang), makanya saya bingung juga, kok banyak, ya iya, memang melanggar prosedural," katanya.

(nvl/nvl)