6 Saksi Sudah Diperiksa Terkait Peretasan Situs Tempo.co dan Tirto

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 14:14 WIB
Gedung Mapolda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya masih menyelidiki kasus peretasan situs Tempo.co dan Tirto. Total ada 6 saksi yang diperiksa polisi terkait kasus ini.

"Dari Tempo.co ini kita sudah memeriksa sekitar 3, pelapornya sendiri (SY), dua saksi berinisial WR dan H. Ini sudah kita ambil keterangannya dan sudah kita lakukan klarifikasi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/9/2020).

Polisi juga telah merencanakan untuk meminta keterangan saksi ahli untuk menyelidiki lebih lanjut kasus tersebut. Langkah selanjutnya, polisi akan melakukan gelar perkara.

"Nanti kalau sudah lengkap semuanya kita akan meminta keterangan saksi ahli. Baru kita gelar perkara. Itu yang soal Tempo.co," jelas Yusri.

Sementara dari pihak Tirto, polisi telah memeriksa 3 saksi sebagai klarifikasi. Hingga saat ini polisi masih menyelidiki pelaku terkait peretasan tersebut.

"Kami masih mengklarifikasi pelapor maupun saksi-saksi yang bisa dihadirkan bersama dengan yang disangkakan kepada terlapor. Terlapor sendiri masih dilakukan pencarian," ujar Yusri.

Seperti diketahui, Pemimpin Redaksi (Pemred) Tirto, Sapto Anggoro, dan Pemred Tempo.co, Setri Yasra, Selasa (25/8) lalu melaporkan dugaan peretasan situs berita kedua media mereka.

Laporan Tempo.co sendiri terdaftar dengan nomor LP/5037/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ. Sementara itu, laporan dari Tirto terdaftar dengan nomor LP/5.035/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ. Kasus tersebut saat ini masih diselidiki polisi.

Tonton video 'Situs Berita Tempo.co Diretas, Ada Dugaan Upaya Membungkam':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)