Pemprov DKI Usulkan 100 Ribu Pedagang Dapat Bantuan Presiden Rp 2,4 Juta

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 13:50 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi Uang Tunai (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta sudah mengusulkan 100 ribu pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) mendapat bantuan presiden produktif usaha mikro senilai Rp 2,4 juta. Pemprov DKI Jakarta masih akan memverifikasi 100 ribu pedagang lainnya untuk diusulkan.

"Yang dikirim ke pemerintah pusat baru kemarin itu yang 100 ribu yang terakhir. (100 ribu sisanya), ini kami lagi verifikasi," ujar Kepala Bidang UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta Elisabeth Ratu saat dihubungi, Senin (7/9/2020).

"Sampai hari ini data yang masuk itu baru kurang-lebih 200 ribu," imbuhnya.

Ratu menerangkan, Pemprov DKI Jakarta hanya melakukan screening pencocokan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pelaku UMKM saja. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi dobel data.

"Kami di sini cuma men-screening NIK-nya saja, apakah ada yang dobel atau tidak. Karena kan banyak yang mengusulkan, dari asosiasi mengusulkan, dari komunitas ngusulin, dari koperasi-koperasi mengusulkan," ucap Ratu.

Ratu mengatakan, data 100 ribu UMKM yang akan dikirimkan pekan ini merupakan tahap ketiga. Tahap sebelumnya ialah ke satu sebanyak 40 ribu UMKM dan tahap kedua ada 60 ribu UMKM yang diusulkan untuk menerima bantuan Rp 2,4 juta.

Ratu mengatakan, di Jakarta, ada sekitar 80 persen pelaku UMKM berada di bidang kuliner. "Kuliner itu kurang-lebih 80 (persen)," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2