PAN Sesalkan Cuitan 'Paha Calon Wawali Tangsel Mulus' Panca PD

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 11:20 WIB
Dua legislator dari Fraksi PAN buka suara terkait polemik yang bermula dari isu rasisme terhadap mahasiswa Papua. Apa saja yang dibahas?
Yandri Susanto. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

PAN menyayangkan sikap elite Partai Demokrat (PD) Cipta Panca Laksana soal cuitan 'Paha calon wakil wali kota Tangsel mulus'. PAN yang mengusung Rahayu Saraswati di Pilwalkot Tangsel berharap lawan jagoannya mengedepan gagasan, bukan sorotan ke fisik.

"Pilkada ini memang siapa pun dia, di daerah mana pun, saya mengajak harus bertarung gagasan, ide, jangan masalah hal yang fisik, atau menyerang secara pribadi, itu juga nggak baik," kata Waketum PAN Yandri Susanto kepada wartawan, Senin (7/9/2020).

Yandri mewanti-wanti agar semua pihak tidak mempertontonkan hal yang tidak produktif ke masyarakat. Ketua Komisi VIII DPR RI itu juga meminta Panca tidak mengulangi tindakan serupa.

"Jadi jangan sampai masyarakat dipertontonkan dengan hal yang tidak produktif, yang tidak perlu diangkat ke publik malah diangkat. Menurut saya ini nggak perlu diperpanjang lah yang begini. Cukup lah. Jadi, Pak Panca mungkin tidak perlu juga hal-hal yang seperti itu dilakukan," tutur Yandri.

Bersama Gerindra, PDIP dan Hanura, PAN mengusung Muhammad-Rahayu Saraswati (Sara) di Pilkada Tangsel 2020. Sara adalah satu-satunya calon wakil walikota perempuan di Pilkada Tangsel.

PAN pun menyarankan agar Sara tidak larut ke dalam polemik cuitan Panca. PAN meminta Sara fokus menggaet suara.

"Kalau masih bisa berdamai, berdamai. Nggak usah diperpanjang. Saran saya ke Bu Sara, ya, konsentrasi saja cari suara, meyakinkan rakyat Tangsel untuk bisa memilih dia," ucap Yandri.

Seperti diketahui, cuitan Cipta Panca Laksana yang di-retweet oleh Said Didu viral. Panca memang tidak menyebutkan nama dalam cuitannya itu, tapi banyak netizen yang mengasumsikan cuitan tersebut ditujukan kepada Sara, karena kandidat bakal calon Wakil Wali Kota Tangsel semuanya adalah lelaki, kecuali Sara.

"Paha calon wakil walikota Tangsel itu mulus banget," demikian cuitan Panca pada akun Twitter-nya, @panca66, seperti dilihat detikcom, Sabtu (5/9).

Panca, angkat bicara soal cuitannya itu, Menurut Panca, cuitannya itu tidak ditujukan untuk siapa-siapa.

"Tidak ditujukan ke siapa-siapa. Toh saya tidak menyebut nama siapa-siapa," kata Panca melalui pesan singkat, Minggu (6/9).

Menanggapi pengakuan Panca, Sara menilai penjelasan Panca soal 'Paha calon wakil Wali Kota Tangsel itu mulus banget' tidak masuk akal. Menurut politikus Gerindra itu, cuitan Panca sudah jelas ditujukan kepadanya, yang merupakan bakal balon Wakil Wali Kota Tangsel.

"Hmmm.. mungkin kurang masuk akal ya. Menurut saya karena jelas yang disebut adalah 'Calon Wakil Wali Kota Tangsel' jadi spesifik," kata Sara melalui pesan singkat, Minggu (6/9).

Namun Sara tak mau berkomentar jauh soal siapa pemilik 'paha mulus' yang dicuit oleh akun Twitter @panca66 milik politikus Partai Demokrat itu. Dia pun menjawab satire dengan menyebut, selain dia, mungkin soal 'paha mulus' juga ditujukan pada bakal calon Wali Kota Tangsel lainnya.

"Tapi betul itu bisa saja yang beliau maksud bukan saya, bisa Pilar Saga Ikhsan, atau Ruhamaben," ucap Sara.

Simak video 'Maju di Pilkada Tangsel, Keponakan Prabowo Bicara Dinasti Politik':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/tor)