Bayi Berjenis Kelamin Ganda di NTB, Ortu Bingung Beri Nama-Butuh Biaya Operasi

Faruck Nickyrawi - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 05:14 WIB
ilustrasi bayi
Ilustrasi bayi (Foto: iStock)
Dompu -

Seorang bayi berusia empat bulan di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengalami kelainan. Bayi itu berjenis kelamin ganda sejak lahir.

Kedua orang tua bayi itu belum memberikannya nama. Orang tua mengaku bingung harus memberi nama laki-laki atau perempuan kepada bayi tersebut.

"Kami belum memberikan nama, karena bingung mau kasih nama apa," ungkap ibu bayi berkelamin ganda, Nurul Afani Faliani, saat ditemui di kediamannya, Minggu (6/9/2020).

Nurul mengatakan hanya satu alat kelamin anak keduanya itu yang berfungsi. Menurutnya, hanya alat kelamin perempuan yang berfungsi saat buang air kecil.

"Hanya satu yang berfungsi, yang kelamin perempuannya biasa kalau kencing," jelasnya.

Nurul bersama suaminya, Angga Abdiantara, kesulitan untuk mendapatkan biaya operasi kelamin anaknya. Mengingat keduanya yang hanya berprofesi sebagai buruh tani harian.

"Kami kesulitan biaya untuk operasi, kami bingung mau dapat atau pinjam dari mana," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang anggota lembaga peduli sosial di Dompu, Adi Putra Darmawangsa, mengaku bersedia membantu mencarikan biaya operasi bayi Nurul. Dia akan melakukan penggalangan dana pada kegiatan-kegiatan sosial serta mencarikan donatur untuk meringankan beban keluarga si bayi.

"Kondisi ini kan operasinya hanya bisa dilakukan di Bali dan tentu membutuhkan biaya yang banyak. Tadi sudah kami berikan sedikit bantuan. Kami akan coba mencarikan biaya dengan menggalang dana," ujar Adi Putra.

Menurutnya, kondisi bayi yang tinggal di Desa Kempo, Kabupaten Dompu itu belum bisa dipastikan berjenis kelamin perempuan meski hanya alat kelamin perempuannya yang berfungsi. Perlu tindakan ilmiah yang dilakukan dokter untuk memastikan jenis kelamin bayi tersebut.

(azr/azr)