Tak Penuhi Syarat, Duo Walkot di Jambi Mundur dari Pilgub Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Minggu, 06 Sep 2020 21:15 WIB
Wali Kota Jambi sekaligus Bacalon Gubernur Jambi, Syarif Fasha.
Foto: Wali Kota Jambi sekaligus Bacalon Gubernur Jambi, Syarif Fasha (Dok. istimewa).
Jambi -

Pasangan bakal calon (bacalon) gubernur dan wakil gubernur Jambi Syarif Fasha dan Asafri Jaya Bakri (AJB) menyatakan mundur dari Pilkada Jambi 2020. Duo Walkot di Jambi yakni Fasha sebagai Wali Kota Jambi dan AJB Wali Kota Sungai Penuh itu menyatakan mundur setelah tak memenuhi partai untuk syarat maju di pilkada.

"Banyak terjadi berbagai dinamika dalam perjuangan kami tersebut, baik yang bersifat politis, maupun non politis, yang menyebabkan kami berdua sepakat memutuskan untuk tidak ambil bagian dalam pesta demokrasi kali ini," kata Fasha dalam keterangan rilisnya yang diterima detikcom, Minggu (6/9/2020).

Setelah menjalani proses tahapan lanjutan pilkada Jambi. Duo Walkot di Jambi itu gagal memenuhi partai pengusung hingga ia tak lolos dalam tahapan proses pilkada Jambi. Fasha yang hanya diusung PPP dan Nasdem tak memenuhi syarat dalam kelengkapan kursi partai.

Fasha menyebut, dirinya lebih fokus ke Kota Jambi. Selain itu, dia pun akan mengurusi kesembuhan putra bungsunya yang sedang sakit.

"Dalam beberapa kurun waktu terakhir ini, kami sekeluarga mendapat cobaan dari Allah SWT, berupa menurunnya kondisi kesehatan putra bungsu kami, yang cukup serius. Kami telah melakukan upaya pengobatan dan pemulihan kondisi kesehatan, yang berlangsung hingga saat ini," kata Fasha.

Ia juga meminta kepada seluruh pendukungnya serta kepada masyarakat Kota Jambi dan insan pers Jambi agar mendoakan kesembuhan anaknya.

"Mohon pula doa, agar kami diberi kekuatan dan ketabahan dalam menjalani cobaan ini. Insyaallah dengan doa tulus seluruh masyarakat dan rekan-rekan pers sekalian, Allah SWT berkenan mengijabah doa kita semua," kata Fasha

Kini, Fasha ingin menyelesaikan tugasnya sebagai Wali Kota Jambi dengan baik hingga akhir periode kepemimpinannya yang masih menyisakan 3 tahun kedepan. Dia berjanji akan membangun Kota Jambi ke keadaan lebih baik.

"Saya berjanji, dalam 3 tahun kedepan, Kota Jambi akan melakukan lompatan besar dan kemajuan luar biasa, baik dari pembangunan infrastruktur, sosial kemasyarakatan, ekonomi, taraf hidup masyarakat dan pelayanan dasar masyarakat. Kota ini, akan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Jambi dan Provinsi Jambi. InsyaAllah itu akan kami wujudkan," ucap Fasha.

(aik/aik)