Pertamina Gelar AJP 2020 Jawa Bagian Barat, Total Hadiah Rp 120 Juta

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 06 Sep 2020 15:34 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

Sinergi Pertamina Group yang beroperasi di wilayah Jawa bagian Barat siap menggelar Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2020. Tema yang diangkat tahun ini yakni 'Ketulusan Untuk Melayani'. Para peserta akan memperebutkan hadiah senilai total Rp 120 juta.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Marketing Operation Region III Eko Kristiawan menjelaskan, dari tema tersebut, insan pers dapat mengangkat informasi mengenai hal-hal yang bersifat pelayanan, kepedulian, pengabdian, kontribusi perusahaan, keterbukaan, dan transparansi atas kemajuan Pertamina di bidang energi, CSR, mitra binaan, dan program pemberdayaan, serta aktivitas lainnya.

"AJP 2020 Jawa Bagian Barat ini memberikan apresiasi terhadap insan pers, khususnya di wilayah Jawa Barat dan Banten yang telah berkontribusi terhadap pemberitaan Pertamina dalam menggali data dan fakta serta menggagas produk-produk jurnalistik yang independen dan berwawasan ke depan," kata Eko dalam keterangan tertulis, Minggu (6/9/2020).

Pada Jumat (4/9), diadakan sharing session lewat virtual untuk memberi gambaran mengenai pelaksanaan AJP 2020 Jawa Bagian Barat dan berbagi pengalaman dan tips dengan para pemenang AJP sebelumnya. Acara tersebut dihadiri Pemenang Best of The Best AJP Nasional 2019 Abdullah Fikri Ashri, serta Pemenang Best of The Best AJP Nasional 2016 Rio Indrawan.

Eko mengungkapkan AJP 2020 Jawa Bagian Barat ini diselenggarakan untuk memotivasi insan pers dalam membuat karya-karya jurnalistik yang memiliki nilai-nilai jurnalistik, komprehensif, faktual, padat dan mendalam sehingga dapat menyampaikan informasi secara proporsional.

Terdapat kategori perlombaan pada AJP 2020 Jawa Bagian Barat, antara lain hard news media cetak, feature media cetak, media online / siber, feature radio, feature TV, foto essay; program CSR / pemberdayaan masyarakat, dan program kemitraan. Setiap karya jurnalistik yang menjadi pemenang di wilayah Jawa Bagian Barat otomatis akan diikutsertakan dalam AJP 2020 di level Nasional yang diselenggarakan oleh holding PT Pertamina (Persero).

Media yang boleh mengikuti AJP 2020 Jawa Bagian Barat adalah media yang memiliki wilayah kerja di Jawa Barat dan Banten. Karya yang didaftarkan harus pernah dipublikasikan atau dipublikasikan di media massa pada rentang waktu 16 November 2019 sampai dengan 26 September 2020. Pertamina tidak membatasi jumlah karya jurnalistik yang dikirimkan oleh peserta.

(akn/ega)