Pertamina Akan Kumpulkan UMKM Binaan di SMEXPO 2020

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 17:13 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) akan segera menggelar Pertamina SMEXPO 2020. Acara ini tidak hanya sebagai marketplace UMKM yang besar di Indonesia namun juga rangkaian acara berbasis virtual. Pertamina menyiapkan sederet pentas seperti fashion show hingga penampilan para artis serta musisi ternama.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan pengunjung Pertamina SMEXPO 2020 akan disuguhkan banyak hal menarik. Tentunya yang paling utama adalah produk-produk karya UMKM binaan Pertamina.

"Sambil berbelanja secara online, pengunjung akan dihibur penampilan para artis," ujar Fajriyah, dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/9/2020).

Menurut Fajriyah, akan ada penampilan standup comedy dari Abdel dan Temon. Selain itu, juga ada hiburan dari musisi seperti Andien, HiVi, dan Maliq & D'essentials. Masing-masing akan menampilkan lagu-lagu andalan pada tiga hari yang berbeda.

Para artis dan musisi itu juga akan menemani pengunjung saat berbelanja. Beberapa di antaranya akan memandu masyarakat untuk mengunjungi booth-booth virtual yang tersedia di laman www.pertaminasmexpo.com.

"Jadi, jangan lewatkan kesempatan langka ini, berburu produk UMKM dalam negeri ditemani artis kesayangan," imbuh Fajriyah.

Fajriyah mengatakan tujuan utama Pertamina SMEXPO 2020 ini adalah membantu para pelaku UMKM bangkit dari dampak pandemi virus COVID-19. Mereka dipandu agar melek digital, sehingga bisa memasarkan produknya secara lebih efektif dengan jangkauan pasar yang lebih luas.

Perlu diketahui, gelaran Pertamina SMEXPO 2020 merupakan salah satu bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs) milik Pertamina. Adapun tujuan dari SDGs tersebut adalah mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif.

"(Kehadiran SDGs itu) diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," pungkas Fajriyah.

(prf/ega)