Dor! Begal Ibu Hamil-Perampok Tauke Karet Tewas Ditembak di Musi Banyuasin

Raja Adil Siregar - detikNews
Minggu, 06 Sep 2020 12:14 WIB
Kapolres Musi Banyuasin, AKBP Erlintang Jaya
Kapolres Musi Banyuasin AKBP Erlintang Jaya (Foto: Istimewa)
Palembang -

Polisi menembak mati pelaku begal ibu hamil sadis sekaligus perampok tauke karet di Sungai Lilin, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Ia ditembak mati karena melawan saat ditangkap.

"Pelaku adalah spesialis kejahatan pemain jalanan. Korban ibu hamil ditodong, motor dirampas. Selanjutnya tauke karet ditodong dan ambil uangnya sekitar Rp 30 juta," ujar Kapolres Musi Banyuasin AKBP Erlintang Jaya kepada detikcom, Minggu (6/9/2020).

Rudi, lanjut Erlin, ditangkap tim gabungan Satuan Reskrim Polres dan Polsek Sungai Lilin pada Sabtu (5/9) pukul 01.30 WIB. Ia ditangkap di Desa Dayung setelah 1 tahun buron.

"Pelaku saat ditangkap melawan, dia juga menyerang petugas dengan senjata api rakitan. Terpaksa diambil tindakan tegas dan meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit," kata Erlin.

Dalam catatan kepolisian, pelaku dikenal sebagai begal, perampok hingga pemalak yang beraksi di Sungai Lilin dan sekitarnya. Dalam aksinya, pelaku tak segan melukai korban dan mengancam dengan senjata api.

Terakhir, Selasa, 3 September 2019, sekitar pukul 12.00 WIB, di Desa Berlian Makmur, Sungai Lilin, pelaku bersama empat rekannya menodong warga yang melintas di daerah tersebut.

Mereka mengambil uang tunai Rp 2 juta dan semua barang berharga milik korbannya. Dalam kondisi terkepung dan ditodong senjata api, korban menyerahkan semua barang miliknya.

Setelah itu, polisi langsung bergerak cepat. Tiga pelaku ditangkap dan satu tewas seusai baku tembak dengan polisi. Terbaru pelaku Rudi juga tewas ditembak karena melawan saat ditangkap.

Adapun barang bukti yang diamankan dari penangkapan dini hari kemarin antara lain satu unit sepeda motor. Selanjutnya satu pucuk senjata api rakitan jenis revolver.

"Dalam rangka menjaga Harkamtibmas di wilayah Musi Banyuasin, kami selalu siap mengawal, mengamankan kamtibmas. Terutama daerah yang sangat rawan aksi kejahatan, yakni Bayung Pencir dan Sungai Lilin dan menjadi lintas Palembang-Jambi," tutup Erlin.

Tonton video 'Begal Berpisau Serang Sejoli Dini Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/knv)