Otak Pelaku Begal Mobil IRT di Sumsel Ditangkap, Ngaku Polisi-Bawa Borgol

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 11:25 WIB
Borgol penjahat
Foto: Ilustrasi: Andhika Akbaryansyah
Palembang -

Otak pelaku pembegalan ibu rumah tangga asal Palembang, Sumatera Selatan, Surati (38) akhirnya ditangkap. Dia ditangkap setelah 3 hari buron.

"Otak pelaku pembegalan IRT di Sukarami Palembang telah tertangkap. Ditangkap di Karya Jaya, Kertapati kemarin sore," tegas Kasubdit Jatanras Polda Sumsel, Kompol Suryadi, Jumat (3/7/2020).

Adapun pelaku, yakni Rustam Effendi (42). Sebagai otak pelaku, Rustam merancang aksi begal terhadap korban secara acak di Jalan Soekarno-Hatta, Sukarami pada 30 Juni lalu.

"Dalam aksinya pelaku ini selalu memakai pakaian polisi dan menggunakan borgol. Untuk borgol dibeli di Pasar Cinde," terang Suryadi.

Tidak hanya begal korban, Rustam tercatat sebagai residivis kasus perampokan bank plat merah pada 2004 lalu. Bahkan aksinya sudah berulang kali dilakukan dan terakhir pada 26 Juni lalu.

Dalam aksinya pada 26 Juni bersama DK (DPO), Rustam menggasak mobil Innova putih di kawasan Jakabaring. Modusnya sama, yaitu berpura-pura sebagai anggota polisi.

"Dari pelaku kita kembangkan dan kembali dapatkan 1 unit mobil hasil kejahatan yang sama. Ini masih terus dikembangkan," kata Suryadi.

Selanjutnya
Halaman
1 2