Penjelasan Satpol PP Bogor Hukum Pelanggar Masker Ditandu-Bersihkan Makam

Sachril Agustin - detikNews
Minggu, 06 Sep 2020 10:07 WIB
Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridho
Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridho (Foto: Sachril/detikcom)

Pantauan detikcom, Minggu (6/9) pagi, Satpol PP sudah berada di sekitar Stadion Pakansari untuk melakukan razia. Enam anggota Satpol PP pun memakai alat pelindung diri (APD) atau hazmat. Satu buah tandu pun dibawa.

Razia pun dilakukan dan didapati belasan orang yang tidak memakai masker. Salah satu petugas Satpol PP pun memberi pilihan ke orang yang melakukan pelanggaran COVID-19, yakni membayar denda atau menerima sanksi sosial.

Semua orang yang tidak memakai masker memilih untuk menjalankan sanksi sosial. Satpol PP pun menyuruh satu orang untuk tiduran di sebuah tandu.

Pelanggar itu pun tiduran di tandu. Petugas Satpol PP yang memakai hazmat langsung mengikat kaki pelanggar dan menutupi badannya dengan sebuah sarung.

Usai diikat di tandu, petugas Satpol PP mengangkat dan membawa pelanggar itu ke pemakaman di dekat Stadion Pakansari, yakni Pemakaman RW 05 Cikempong. Sedangkan 11 pelanggar lainnya, mengikuti dibelakang sambil mengucap salawat.

Pelanggar yang ditandu ini dibawa sampai sekitar 30 meter. Usai ditandu, pelanggar yang tidak memakai masker diberi arahan tentang pentingnya protokol kesehatan COVID-19.

Setelah itu, ke-12 pelanggar diberi masker. Usai diberi masker, mereka semua diminta untuk membersihkan makam.

Halaman

(knv/knv)