Sejumlah Warga di Bali Tiba-tiba Kehilangan Fungsi Indra Penciuman

Angga Riza - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 18:22 WIB
ilustrasi hidung
Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Denpasar -

Beberapa warga di di Banjar Kecincang, Bebandem, Karangasem, Bali, kehilangan kemampuan mencium bau. Penurunan fungsi indra penciuman ini dialami warga secara tiba-tiba.

Kepala Dinas Kesehatan Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama menjelaskan warga kehilangan indra penciuman sejak awal pandemi COVID-19. Namun indra penciuman ini juga tiba-tiba sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan.

"Ya di Banjar Kecicang Islam, Kecamatan Bebandem, Karangasem, itu memang ada sejak adanya COVID. Ini ada beberapa warga yang mengalami itu, tetapi sudah sembuh sendiri dia dengan ininya... dengan mereka menjaga imunitas sembuh sendiri, tidak berlanjut dia," kata Bagus saat dihubungi detikcom, Jumat (4/9/2020).

Lebih lanjut Bagus memaparkan, sampai saat ini masih ada dua warga yang tidak bisa mencium bau. Namun sedikit demi sedikit sudah bisa mencium bau.

"Terakhir sampai dua hari yang lalu kita melakukan PA itu masih dua orang saja dan itu pun juga sudah merasakan bau daun jeruk. Artinya sudah membaik dari sebelumnya, dengan menjaga imunitas saja tanpa pengobatan," ujar Bagus.

Sementara itu, Bagus menegaskan masyarakat yang tidak bisa mencium bau ini tidak mengeluhkan penyakit lain. Selain itu, kata dia, warga ini tidak punya keluhan yang mengarah ke COVID-19.

"Tidak ada keluhan lain, baik batuk, sesak napas, demam yang mengarah COVID seperti itu," tegas Bagus.

"Sampai saat ini penciumannya sudah kembali normal. Sudah dari Januari itu yang bilang banyak ini... tapi selama itu akses ke pelayanan kesehatan kan tidak ada yang mengarah COVID-19. Cuma dia melaksanakan pengobatan sendiri, kemudian dengan menjaga imunitasnya, kemudian beberapa hari sudah kembali. Jadi tanpa pengobatan kapasitas kesehatan, itu intinya," tambahnya.

Simak video 'Jokowi Soroti Terpuruknya Ekonomi di DKI, Bali, hingga DIY':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/jbr)