6 Bulan Corona di Indonesia, Komisi IX DPR: Penanganan Makin Baik

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 18:54 WIB
Jumlah kasus positif Corona di DKI Jakarta terus bertambah. Tes swab pun dilakukan setiap hari di sejumlah puskesma di Jakarta.
Ilustrasi tenaga medis sebelum menangani pasien COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 sudah mewabah selama enam bulan di Indonesia. Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena menilai penanganan pandemi COVID-19 sudah semakin terintegrasi.

"Saya lihat penanganan pemerintah belajar dari penanganan di awal-awal COVID sudah makin membaik ya di mana integrasi dari semua kelompok itu baik itu di jajaran pemerintahan maupun di luar pemerintahan sudah menjadi lebih kuat," kata Melkiades saat dihubungi pada Rabu (2/9/2020).

Menurut Melkiades, penanganan pandemi Corona di awal pemerintah berjalan sendiri-sendiri. Namun, semakin hari pemerintah semakin bersinergi guna menghadapi pandemi COVID-19.

"Kan sebenarnya kan kalau kita lihat, semenjak awal itu kan pemerintah masih mempersiapkan berbagai kegiatan penanganan COVID ini masih belum terintegrasi. Jadi masing-masing masih bergerak sendiri tapi masing-masing. Nah jadi awal mula itu masing-masing bergerak sendiri tapi semakin ke sini itu sudah semakin bersinergi berbagi tugas satu sama lain," ujar Melkiades.

Lebih lanjut, Melkiades menyoroti adanya Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Menurutnya, komite itu akan semakin mensinergikan penanganan yang dilakukan pemerintah.

Infografis: 6 Bulan Corona di Indonesia (Ahmad Fauzan Kamil/detikcom) Infografis: 6 Bulan Corona di Indonesia (Ahmad Fauzan Kamil/detikcom)

"Sekarang kan dengan membuat Komite Penanganan COVID dan Pemulihan Ekonomi Nasional kan berarti kan pemerintah membuat ini sebagai satu kesatuan gerak ya. Kalau dulu kan terpisahkan. Sekarang itu jadi satu kesatuan gerak. Jadi antara kesehatan dan ekonomi itu ditangani oleh satu komite bersama," jelas Melkiades.

Selanjutnya
Halaman
1 2