Jalan Dibangun, Waktu Tempuh Palembang-Mura Bakal Cuma 3,5 Jam

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 12:07 WIB
Herman Deru
Foto: Raja Adil Siregar
Palembang -

Pemprov Sumatera Selatan kembali mengucurkan bantuan gubernur (Bangub) untuk membangun infrastruktur di daerah. Kali ini, bantuan senilai Rp 63 miliar diberikan kepada Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali).

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyebut bantuan diberi untuk perbaikan jalan penghubung Desa Semangus, Talang Ubi hingga BTS Ulu Cecar di Musi Rawas. Melalui bantuan tersebut, HD yakin ekonomi masyarakat sekitar bisa meningkat dan perekonomian tetap jalan.

"Untuk jalan Desa Semangus Talang Ubi ke Cecar sepanjang 4,13 km dan ini akan tersambung nanti sampai ke Musi Rawas dan ke arah Pali. Nanti ketemu di tengah di tahun 2021. Jadi total bantuan gubernur untuk Pali Rp 63 miliar," ujarnya kepada wartawan di kantornya, Jumat (4/9/2020).

Adapun dana bantuan telah diberikan kepada pemkab dan masyarakat saat mengunjungi Semangus akhir pekan lalu. Untuk memastikan kondisi jalan yang perlu diperbaiki, HD juga menjajal jalan dengan sepeda motor.

Dalam kunjungannya, HD didampingi Bupati Mura Hendra Gunawan meninjau jalan mulai dari SP Semabang, SP IX Bangun Jaya sampai ke simpang Stasiun Jane di Kabupaten Musi Rawas menuju Desa Semangus di Talang Ubi.

HD juga meminta kepada Dinas PU agar pembangunan jalan penghubung bisa cepat terealisasi. Selain untuk memangkas jarak tempuh antara kedua daerah, pembangunan juga untuk memudahkan akses dan menekan biaya transportasi dalam pertukaran hasil pertanian.

"Untuk di Mura ada tiga opsi. Pertama bisa lewat tebing tetapi belasan jam, terus juga ada jalan Mangun Jaya Muara Lakitan itu bisa sembilan jam. Saya sama Bupati Mura dan Bupati PALI akan mencatatkan sejarah dari Palembang ke Mura itu bisa ditempuh 3,5 jam, ini lewat Pali kemudian tembus ke BTS Ulu Cecar. Mudah-mudahan terealisasi di tahun 2021," pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk sampai ke Musi Rawas, masyarakat harus melewati Musi Banyuasin dan Muara Enim. Adapun jarak tempuh dari 2 daerah tersebut, yakni dari Palembang-Mura bisa mencapai 7 jam lebih.

(mul/mpr)