Pemprov Sumsel Segera Bangun Venue Berkuda di Palembang

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 19:27 WIB
Pemprov Sumsel
Foto: Dok. Pemprov Sumsel
Palembang -

Rencana Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru membangun venue berkuda di Palembang, sepertinya segera terwujud. Venue itu pun rencana dibangun di komplek Jakabaring Sport City.

Rencana itu di sampaikan Gubernur yang akrab disapa HD di kantornya. Di mana sehari sebelumnya HD bertemu Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Triwatty Marciano di kantornya.

"Ini masyarakat Sumatera Selatan masih kurang minat berkuda. Jadi saya tertarik meningkatkan minat dan harus ada yang membuat mereka tertarik, mungkin lewat sarana dan prasarana serta perencanaan yang mateng dan memadai," kata HD, Rabu (2/9/2020).

Meskipun tak menyebut secara rinci waktu pembangunan venue, HD menilai berkuda bukanlah olahraga asing. Sebab olahraga berkuda sudah ada sejak lama dan sering diperlombakan di tingkat nasional atau di tingkat internasional.

"Fungsi menjadi wajib, tahun depan action bersamaan dengan pengembangan minat, Saya intruksikan Dinas PU CK agar jangan salah memulai, yang dimulai adalah fungsi, aksesori baru mengikuti," katanya.

Setelah adanya venue, mantan Bupati OKU Timur 2 periode ini pun yakin akan tumbuh minat dan bakat baru. Mengingat selama ini berkuda masih dinilai sebagi olaharaga yang belum populer.

"Tumbuhkan minat dengan kuda karena masyarakat cukup asing dengan kuda," tutupnya.

Sementara Triwatty mengatakan rencana membangun sarana dan prasarana cabang olahraga berkuda ini seirama dengan tujuan pemerintah yakni menekankan olahraga dengan beberapa hal antara lain sport tourism, sport sains hingga ke sport industri.

"Saya mendapatkan kabar bahwa Bapak Gubernur sangat tertarik sekali dengan kegiatan-kegiatan Pordasi, makanya kami hadir beraudiensi dengan beliau. Beliau itu salah satu gubernur yang sangat peduli dengan olahraga berkuda karena beliau mengatakan bahwa berkuda identik sunah rasul, juga bisa membawa merah putih di dunia international," katanya.

Lewat fasilitas yang ada nanti, lebih jauh Triwatty mengungkapkan venue itu bisa menjadi pendukung pada Olimpiade 2032 mendatang. Ada persiapan waktu cukup lama sebelum olimpiade digelar.

"Walaupun masih jauh tahun 2032 kita kan sedang building untuk olimpiade. Nah di Pordasi ini ada komisi cabor yang prestasi yaitu equestrian, mudah-mudahan dengan fasilitas yang akan disiarkan oleh Pemprov sumsel bisa membantu dalam membuat perencanaan untuk jangka panjang," kata Triwatty.

"Mudah-mudahan ini menjadi pilot project atau role model khususnya di Sumatera dan sekitarnya. ini juga bersamaan dengan akan diadakanya pacuan piala bergilir Presiden seri 1 dan 2 di DIY, semoga juga pada satu hari piala Presiden bisa juga dilaksanakan di Arena pacu di Jakabaring," katanya.

(prf/ega)