Round-Up

Pesan Gubsu Edy Gandeng Ulama demi Warga Tak Kena Corona

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 23:06 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi di acara MUI (Ahmad Arfah-detikcom)
Gubsu Edy Rahmayadi di acara MUI. (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Sumatera Utara (Sumut) terus bertambah dalam setiap harinya. Hal itu membuat Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi menggandeng sejumlah tokoh, termasuk para ulama untuk mengajak warganya agar dapat mematuhi protokol COVID-19.

Gubsu Edy menghadiri peringatan tahun baru Islam, 1 Muharam 1442 H, yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut. Dalam acara itu, Edy meminta MUI ikut mengajak warga mematuhi protokol kesehatan demi mencegah COVID-19.

"Saya mohon kepada tokoh-tokoh saya, MUI-MUI saya di kabupaten dan kota, bersama-sama kita mengingatkan umat kita, rakyat kita tentang COVID-19 ini," kata Edy di kantor MUI Sumut, Medan, Kamis (3/9/2020).

Positif COVID-19 di Sumut tercatat berjumlah 7.265 kasus hingga Kamis, (3/9). Sebanyak 4.283 orang di antaranya dinyatakan sembuh. Namun, ada 323 orang meninggal karena terpapar COVID-19.

Edy mengatakan hingga kini belum mengetahui kapan persoalan COVID-19 berakhir. Dia mengajak semua pihak bersama-sama menghadapi pandemi Corona agar tetap bertahan hidup.

"COVID-19 ini mau sampai kapan? Untuk itu, kita putuskan mari bersama-sama kita hidup berdampingan dengan COVID-19 ini, sehingga kita patuhi (protokol kesehatan). Bukan maunya virus, kita harus di depannya virus. Karena kita harus bergerak, kita harus dinamis, kita harus hidup, kita tidak boleh kalah," ujarnya.