Jadi Syarat Daftar KPU, 4 Pasang Bakal Cawalkot Cilegon Tes Swab di RSKM

M Iqbal - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 20:22 WIB
Empat pasangan bakal calon yang akan maju di Pilwalkot Cilegon 2020 melakukan tes swab di RS Krakatau Medika (RSKM) Cilegon (M Iqbal/detikcom)
Empat pasangan bakal calon yang akan maju di Pilwalkot Cilegon 2020 melakukan tes swab di RS Krakatau Medika (RSKM) Cilegon. (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Semua kandidat pasangan calon wali kota-wakil wali kota Cilegon sudah melakukan tes swab di RS Krakatau Medika (RSKM) Cilegon, Banten. RSKM dipilih lantaran hanya RS tersebut yang memiliki alat PCR di Cilegon.

Pihak RSKM mengatakan semua kandidat sudah melakukan tes swab pada pekan ini. Keempat pasangan kandidat sudah menjalani tes swab sebagai syarat maju ke Pilwalkot Cilegon.

"Ya, dari hari Selasa kemarin kita sudah menerima beliau-beliau para calon melakukan tes swab. Setahu saya, hanya kami yang punya alat PCR," kata Humas RSKM, Agus Wirawan, saat dimintai konfirmasi, Kamis (3/9/2020).

Pada Selasa (1/9), pasangan pertama yang melakukan tes swab ialah Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta. Sehari selanjutnya, pasangan Iye Iman Rohiman-Awab melakukan tes swab. Sedangkan pasangan Ali Mujahidin-Lian Firman dan Ratu Ati Marliati-Sokhidin melakukan tes swab pada hari ini.

Kandidat bakal calon kepala daerah melakukan tes swab Corona untuk memenuhi salah satu syarat mendaftar ke KPU. Persyaratan itu tertuang dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2020. Calon kepala daerah wajib menyertakan lampiran hasil tes swab saat sebelum dilakukan tes kesehatan.

"Info dari beliau (kandidat calon wali kota) untuk memenuhi persyaratan di KPU," kata dia.

Agus mengatakan pihaknya sudah melakukan upaya tes swab dengan teliti karena menyangkut Pilkada Serentak 2020. Ia menyerahkan hasilnya kepada tiap kandidat yang melakukan tes swab di RSKM.

"Kita sudah sangat teliti dalam melakukan tes swab melalui uji PCR. Beberapa sudah keluar, mungkin silakan tanyakan langsung ke para calonnya," tuturnya.

Pilwalkot Cilegon 2020 sudah memunculkan 4 pasangan calon, 3 bakal pasangan calon muncul dari jalur partai politik dan 1 pasangan berasal dari jalur independen.

Dari jalur parpol ada pasangan Ratu Ati Marliati-Sokhidin dengan partai pengusung Golkar, NasDem, Gerindra, dan PKB. Pasangan Iye Iman Rohiman-Awab diusung Partai Demokrat, PAN, dan PPP. Pasangan ketiga, yakni Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta yang diusung Berkarya dan PKS. Sementara, dari jalur independen ada nama Ali Mujahidin-Firman Mutaqin yang sudah dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh KPU.

(bal/jbr)