Ovi Putra Wagub Sumsel Batal Maju Pilkada Ogan Ilir, Digantikan Adiknya

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 15:51 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Ilustrasi Pilkada (Zaki Alfarabi/detikcom)
Ogan Ilir -

Putra Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, AW Noviadi, batal maju di Pilkada Ogan Ilir. Pria yang akrab disapa Ovi itu batal maju karena terhalang peraturan PKPU.

"Ovi terganjal dan kita telah siapkan Panca kalau Ovi terganjal. Untuk juknis (petunjuk teknis) berbeda tafsir sama UU," kata Aswan, juru bicara pasangan bakal balon Bupati/Wakil Bupati Ovi-Ardani, kepada detikcom, Kamis (3/9/2020).

Menurut Aswan, Ovi terganjal PKPU Nomor 1 Tahun 2020 yang menyatakan setiap calon kepala daerah tidak boleh melakukan perbuatan tercela. Sementara Ovi tercatat pernah tersandung kasus narkoba.

"Sebenarnya itu akan kami gugat, tetapi ini sudah tak sempat lagi. Sebenarnya bukan mundur, tapi terhalang juknis PKPU dan kini digantikan adiknya dengan pasangan tetap sama Ardani," ujar Aswan.

Aswan mengatakan tim sebenarnya sudah memprediksikan sejak awal sehingga tim juga mempersiapkan seluruh berkas Panca Wijaya Akbar atau dikenal Panca Mawardi untuk maju di Pilkada Serentak.

"Kita sudah prediksikan, kita nanti gugat MK dan inilah yang kita takutkan. Makanya kita siapkan juga Panca sebagai pengganti Ovi, semua berkas sudah siap dan rencana deklarasi pada 5 September besok," kata Aswan.

Terkait partai pendukung, Aswan menyebut hingga saat ini ada sembilan partai yang siap mengusung. Mereka mendukung Ovi-Ardani dan dialihkan kepada Panca-Ardani.

"Dukungan sembilan partai ada sembilan. Ada NasDem, PPP, PKB, Demokrat, PAN, Gerindra, PKS, Berkarya, Perindo juga. Ini seluruh sudah dialihkan dukungannya ke Panca-Ardani," katanya.

"Intinya Ovi sudah legowo, dia sudah ikhlas dan titipkan perjuangan Ogan Ilir kepada Panca. Sekarang Ketua Tim Pemenangan Ovi," sambungnya.

Tonton video 'Mendagri Dorong Kampanye Virtual, Kalau Buat Kerumunan Dibully Saja':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)