Klaim Lakukan 3T Saat Pandemi, Pemprov DKI Minta Warga Kerjakan 3M

Luqman Nurhadi A - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 13:03 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara deklarasi #PriokBermasker
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara deklarasi #PriokBermasker. (Foto: Luqman Nurhadi)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengklaim sudah melakukan 3T (testing, tracing, dan treatment) saat pandemi virus Corona. Kini, Pemprov DKI Jakarta meminta masyarakat mengerjakan 3M (menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun).

"Pandemi ini memerlukan kerja bersama. Pemerintah menyelenggarakan yang dikerjakan negara, testing, tracing, isolasi atau treatment (3T), itu bagian kita, tidak bisa diselenggarakan warga. Masyarakat menyelenggarakan 3 yang satu ini (3M), memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan. Kita harus sama-sama tidak bisa sendiri-sendiri," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polres Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (3/9/2020).

Hal ini disampaikan Anies dalam deklarasi #PriokBermasker. Anies meyakini angka kasus Corona turun jika 3T dan 3M sama-sama dikerjakan dengan optimal.

"PR kita menggalakkan yang 3M, yang 3T sudah dikerjakan. Kalau kita belum mengerjakan 3T, meminta masyarakat mengerjakan 3M nggak fair. Karena kita harus berseimbangan. Jakarta sudah mengerjakan 3T, sekarang kita pastikan masyarakat mengerjakan 3M. Itu dikerjakan, Insyaallah angka ini akan turun. Ini akan kita ikhtiarkan," ujar Anies

Anies berharap deklarasi #PriokBermasker bisa menumbuhkan kesadaran warga dan karyawan di Pelabuhan Tanjung Priok untuk memakai masker.

"Gerakan ini harus didorong. Jadi saya mengapresiasi sekali yang dilakukan di sini #PriokBermasker, dan harapannya nanti tumbuh kesadaran untuk menggunakan masker," kata Anies.

Dalam deklarasi #PriokBermasker, hadir juga Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Irwan Achmadi, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko, Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, dan Dirut IPC Arif Suhartono.

(dkp/dkp)