SIDAK 2 September: 6 Berita Teraktual Hari Ini

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 22:35 WIB
bisnis kuliner gibran dan kaesang
Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

3. Corona Menanjak, Dukun Bertindak

India sebelumnya mencatat rekor peningkatan kasus harian Corona tertinggi di dunia. Pada Minggu (30/8/2020) India melaporkan 78.761 kasus baru dalam 24 jam, demikian lapor BBC.

Angka ini melampaui rekor kasus harian Amerika Serikat 17 Juli lalu. Kenaikan kasus di India dikaitkan dengan sejumlah pelonggaran pembatasan yang semula ditetapkan, demi meningkatkan perekonomian.

Di saat lonjakan kasus Corona meningkat, pendapatan dukun di India pun dilaporkan meningkat hingga 40 persen.

Dikutip dari Reuters, astrolog mistik India, Sanjay Sharma sibuk menawarkan jasa kepada kliennya untuk mengintip masa depan mereka, imbas pandemi Corona yang kini berdampak pada keseharian mereka.

Orang India berbondong-bondong pergi ke astrolog, pembaca kartu tarot, dan mereka mencari tahu apa yang ada di masa depan. Entah tujuannya menemukan solusi untuk masalah kesehatan, keuangan, maupun mental.

Para astrolog India, pembaca telapak tangan, ahli numerologi, dan pembaca kartu tarot diperkirakan menghasilkan pendapatan ratusan juta dolar setahun. Ajay Bhambi, peramal terkenal dan konsultan spiritual untuk politisi, bintang Bollywood, dan pemain kriket profesional, mengatakan bisnisnya telah meningkat 40 persen sejak wabah COVID-19.

4. Johnny Depp Minta Sidang Ditunda Demi Fantastic Beast 3

Johnny Depp meminta penundaan persidangan selanjutnya atas gugatan pencemaran nama baik terhadap mantan istrinya, Amber Heard, demi syuting film Fantastic Beast 3.

Dikutip dari CNN Indonesia, syuting film Fantastic Beast 3 akan dimulai pada Oktober mendatang dan diperkirakan akan rampung pada Februari tahun depan. Sementara, sidang Depp berikutnya akan dijalankan pada 11-28 Januari 2021, yang mana berbenturan dengan jadwal syutingnya.

Semula, jadwal tersebut telah diatur agar sesuai dan tidak berbenturan. Namun kondisi pandemi COVID-19 memaksa sejumlah jadwal syuting ditunda, termasuk produksi film Fantastic Beast 3.

Depp kemudian meminta agar persidangan ditunda hingga antara Maret dan Juni 2021. Persidangan itu akan mengadili gugatan Depp sebesar US$50 juta kepada mantan istri, Amber Heard, atas opini yang ditulis di editorial Washington Post pada 2018.

5. Will Smith dan Jay-z Duet Bikin Serial Women Of The Movement

Rapper Jay-Z dan aktor Will Smith akan memproduseri serial mini bertajuk Women of the Movement yang diadaptasi dari kisah nyata. Mereka akan ditemani Aaron Kaplan yang sudah sering menjadi produser serial.

Dikutip dari CNN Indonesia, Women of the Movement mengisahkan Mamie Till Mobley yang mencari keadilan atas kematian anaknya, Emmett Till. Pada 1955 Emmett dibunuh setelah dituduh mengganggu wanita kulit putih, sebagaimana dilansir Deadline.

Kematian Emmett kala itu menjadi simbol pergerakan dalam memperjuangkan hak asasi manusia. Gerakan itu menghasilkan Undang-Undang Hak Suara dan Undang-Undang Hak Sipil pada 1965 silam.

Sutradara Gina Prince-Bythewood direncanakan akan menggarap episode pertama serial yang dijadwalkan rilis 2021 ini. Sementara, naskah ditulis oleh Marissa Jo Cerar yang sebelumnya menulis 13 Reasons Why dan The Handmaid's Tale.

6. 6 Bulan Corona Indonesia: 177 Ribu Kasus, 65 Zona Merah

Enam bulan lalu, tepatnya 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi), ditemani Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung, mengumumkan kasus pertama positif virus Corona (COVID-19). Kini, enam bulan sudah lewat, kasus positif Corona pun jauh meningkat.

Selepas enam bulan berselang, virus Corona di Indonesia mencapai lebih dari 177 ribu kasus. Berdasarkan data dari Satgas Penanganan COVID-19, dan Kementerian Kesehatan, pada Senin (1/9/2020) sampai pukul 12.00 WIB, terdapat 177.571 kasus positif, 128.057 pasien sembuh, dan 7,505 meninggal dunia.

Juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito memaparkan kondisi terbaru soal zonasi Corona di RI. Wiku menerangkan, berdasarkan data teranyar, jumlah zona merah Corona naik cukup signifikan.

"Per 30 Agustus 2020 ini kami bandingkan dengan seminggu sebelumnya pada periode seminggu sebelumnya dan terlihat di sini bahwa sebelumnya ada 32 kabupaten/kota dengan risiko tinggi (zona merah) dan sekarang naik dengan cukup besar menjadi 65 kabupaten/kota dengan risiko tinggi," ujar Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/9/2020).

Halaman

(dwia/imk)