Pesan Khusus Megawati untuk Whisnu yang Tak Dipilih Jadi Cawali Surabaya

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 18:22 WIB
Whisnu saat berbicara dengan Megawati secara virtual
Whisnu saat berbicara dengan Megawati secara virtual (tangkapan layar YouTube PDIP)
Jakarta - Ketua Umum Megawati Soekarnoputri memberikan pesan kepada Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. Megawati mengatakan PDIP tetap mengapresiasi kerja Whisnu meski tak mengusung kadernya itu sebagai calon wali kota pada Pilkada Surabaya.

Megawati awalnya memberikan pengarahan kepada calon kepala daerah yang diusung PDIP pada Pilkada 2020. Lalu Megawati meminta DPD Jawa Timur menghadirkan Whisnu untuk berbicara dengannya.

"Di situ saya lihat Mas Whisnu, tolong hadirkan DPD (Jawa Timur)," ujar Megawati yang ditayangkan akun YouTube PDI Perjuangan, Rabu (2/9/2020).

Lalu Megawati mengucapkan terima kasih kepada Whisnu. Meski tak mendapat rekomendasi dari partai, Whisnu tetap memberi jawaban santun.

"Aku terima kasih banget loh sama Whisnu," kata Megawati.

"Siap, Bu," jawab Whisnu.

Megawati kemudian menghibur Whisnu dengan mengingatkannya kepada sosok sang ayah, Soetjipto Soedjono, yang merupakan tokoh senior PDIP yang pernah menjadi Wakil Ketua MPR. Megawati mengaku sengaja menghadirkan dua Ketua DPP PDIP, yakni Bambang 'Pacul' Wuryanto dan Djarot Saiful Hidayat, untuk memberikan penjelasan kepada Whisnu soal pilihan DPP pada Pilkada Surabaya ini.

"Aku tahu pasti kono (sana) yo kelingan (teringat) karo (pada) Pak Tjip (ayahanda Whisnu). Makanya kenapa saya sengaja suruh datangkan yang namanya Bambang Pacul dan Pak Djarot," kata dia.

Megawati menegaskan tidak membuang Whisnu. Megawati mengucapkan terima kasih karena Whisnu telah membantu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani dalam menjalankan tugas sebagai kepala daerah.

"Jangan ada yang bilang. Oh, Ibu Mega itu buang Whisnu, tidak. Nah ini saya berhadapan sama kamu (Whisnu)," ucap Megawati.

"Siap," jawab Whisnu kembali.

"Tidak akan saya buang. Taat sebagai kader PDIP. Terima kasih atas selama ini membantu Mbak Risma. Nah, sekali lagi, terima kasih pada seluruhnya," lanjut Megawati.

Diketahui hari ini PDIP telah merekomendasikan Eri Cahyadi dan Armuji untuk maju di Pilkada Surabaya. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani.

Tonton video 'Daftar Lengkap Calon Kepala Daerah PDIP Gelombang 5':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/elz)