Ahmad Dhani Bingung Namanya Masuk Komite, Ini Respons KAMI

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 01 Sep 2020 21:14 WIB
Ketua Komite Eksekutif KAMI Ahmad Yani
Ketua Komite Eksekutif KAMI Ahmad Yani (Foto: Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) angkat bicara mengenai nama musisi sekaligus politikus Gerindra, Ahmad Dhani, masuk ke dalam 99 nama anggota komite. KAMI membantah pernah mengumumkan nama-nama komite.

"Pertama kita belum pernah mengumumkan, itu nggak tahu siapa yang mengumumkan, jadi apa yang beredar itu bukan dari KAMI," kata Ketua Komite Eksekutif KAMI Ahmad Yani ketika dihubungi detikcom, Selasa (1/9/2020).

Sampai sekarang, Ahmad Yani belum mengetahui siapa yang mencatut nama Ahmad Dhani. Namun, Ia memastikan belum berkomunikasi dengan Ahmad Dhani terkait anggota komite KAMI.

"Kita belum ada itu (komunikasi dengan Ahmad Dhani)," sebut Ahmad Yani.

Ahmad Dhani tak menghadiri deklarasi KAMI di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/8) lalu . Sehingga, kata Ahmad Yani, tak mungkin pihaknya mencatut nama Ahmad Dhani pada jajaran komite.

"Maka nggak mungkin kita mencatut namanya Dhani," tuturnya.

Ahmad Yani membenarkan memang ada anggota KAMI yang mengusulkan nama Ahmad Dhani sebagai anggota komite. Ia memastikan, usulan tersebut masih dipertimbangkan.

"Ada juga sebagian tokoh-tokoh itu seperti Ahmad Dhani memang ada kawan-kawan yang mengusulkan, tapi ada yang mengkomunikasikan, tapi memang Ahmad Dhani belum masuk," imbuhnya.

Ahmad Yani meragukan keabsahan dari 99 nama komite KAMI yang sudah tersebar. Ia curiga karena tanda tangan sejumlah tokoh pendiri KAMI tidak ada dalam nama-nama tersebut.

"Itu lihat aja itu namaya itu nggak ada namanya Pak Din, Pak Gatot. Nggak ada paraf dan tanda tangan, seharusnya ada tanda tangan dan paraf dari komite eksekutif ya," sebut dia.

Sebelumnya, Beredar nama-nama anggota komite KAMI mulai dari Rocky Gerung hingga Ahmad Dhani. Pentolan grup musik Dewa 19 itu masuk dalam Komite Seni Budaya

Dikonfirmasi terpisah, Ahmad Dhani malah mengaku tak tahu-menahu terkait namanya yang masuk KAMI.

"Aku belum tahu apa-apa," kata Ahmad Dhani saat dikonfirmasi, Selasa (1/9/2020).

Kuasa hukum Ahmad Dhani, Ali Lubis, menyebut Ahmad Dhani bukan bagian dari Komite KAMI.

"Beredarnya nama Ahmad Dhani yang masuk ke dalam salah satu komite bentukan KAMI, yaitu Komite Seni Budaya itu tidak benar sama sekali," kata Ali Lubis.

(isa/gbr)