Ini Nama 99 Komite KAMI: Ahmad Dhani-Refly Harun-Rocky Gerung

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 01 Sep 2020 14:51 WIB
Sejumlah tokoh nasional deklarasikan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Lapangan Tugu Proklamasi. Din Syamsuddin-Gatot Nurmantyo hadir di acara itu.
Deklarasi KAMI (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Gerakan oposisi terbaru yang digagas oleh Din Syamsuddin, Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), memiliki 99 anggota komite. Nama-nama dalam komite itu mulai dari Rocky Gerung hingga Ahmad Dhani.

KAMI dideklarasikan di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/8/2020) lalu. Sejumlah tokoh yang hadir dalam acara tersebut di antaranya Din Syamsuddin, Gatot Nurmantyo, Refly Harun, Said Didu, Rocky Gerung, Ichsanuddin Noorsy, dan Ahmad Yani.

"KAMI adalah gerakan moral rakyat Indonesia dari berbagai elemen dan komponen yang berjuang bagi tegaknya kedaulatan negara, terciptanya kesejahteraan rakyat, dan terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Ketua Komite Eksekutif KAMI Ahmad Yani saat membacakan Jatidiri KAMI, di lokasi.

Daftar 99 anggota komite KAMIDaftar 99 anggota komite KAMI. (Dok. Istimewa)

KAMI terus berkembang dan kini memiliki 12 komite. Ke-12 komite itu adalah Komite Eksekutif, Komite Khusus, Komite Keagamaan dan Kehidupan Beragama, Komite Sosial Ekonomi, Komite Sosial Budaya, Komite SDA dan Lingkungan Hidup, Komite Sosial Politik, Komite Antar Lembaga, Komite Kajian Strategis, Komite Hubungan Internasional, Komite Hukum dan HAM, serta Komite Seni Budaya.

Kemunculan KAMI menuai banyak tanggapan, termasuk yang mengkritik KAMI. Deklarator KAMI, Din Syamsuddin, menegaskan KAMI hadir untuk meluruskan kehidupan berbangsa dan bernegara yang melenceng.

"KAMI mengajukan pikiran-pikiran kritis dan korektif terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara yang menyimpang dari Pancasila dan UUD 1945," kata Din dalam keterangan tertulis, Kamis (27/8/2020).

"Mengapa mereka tidak mau menanggapi isi tapi berkelit menyerang pribadi, dan mengalihkan opini?" imbuh Din.

Daftar 99 anggota komite KAMIDaftar 99 anggota komite KAMI (Dok. Istimewa)

Ke-12 komite di dalam KAMI diisi oleh nama-nama yang cukup populer. Seperti Ahmad Yani, Jumhur Hidayat, dan Adhi Masardi di Komite Eksekutif. Ada juga nama KH. Abdul Rasyid Abdullah Syafei dan Bachtiar Nasir di Komite Keagamaan dan Kehidupan Beragama.

Di Komite Khusus ada nama Rocky Gerung, MS Kaban, hingga Abdullah Hehamahua, Nama seperti Said Didu, Ichsanuddin Noorsy, dan Lieus Sungkharisma mengisi Komite Sosial Ekonomi.

Nama lainnya yang berada di komite KAMI adalah Marwan Batubara di Komite Lingkungan dan SDA. Refly Harun dan Eggi Sudjana mengisi di Komite Hukum dan HAM. Sementara nama Ahmad Dhani Prasetyo, Neno Warisma, dan Camelia Malik mengisi Komite Seni Budaya.

Daftar 99 anggota komite KAMIFoto: Daftar 99 anggota komite KAMI (Dok. Istimewa)

Tonton juga 'Sindiran Megawati: Banyak yang Ingin Jadi Presiden di KAMI':

[Gambas:Video 20detik]

(rfs/tor)