Kejagung Tangkap Buron Kasus Korupsi Penjualan Tanah di Jambi

Wilda Nufus - detikNews
Selasa, 01 Sep 2020 20:30 WIB
buronan kasus korupsi penjualan tanah di Jambi, Joko Susilo
Buron kasus korupsi penjualan tanah di Jambi, Joko Susilo. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Kejaksaan Agung (Kejagung) menangkap buron kasus korupsi penjualan tanah Pemerintah Kabupaten Sarolangun Jambi, Joko Susilo. Buron yang juga mantan kepala dinas pertanian ini ditangkap di Alam Barajo, Jambi.

"Pada hari Selasa, tanggal 1 September 2020, pukul 15.50 WIB, tim intelijen Kejaksaan Agung berhasil mengamankan terpidana DPO (daftar pencarian orang) Kejaksaan Tinggi Jambi dengan identitas Joko Susilo," kata Jamintel Sunarta melalui pesan singkat kepada detikcom, Selasa (1/9/2020).

Sunarta mengatakan penangkapan ini sesuai dengan putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor: 1662 K/Pid.Sus/2019 tertanggal 24 Agustus 2019. Joko telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dalam perkara tindak pidana korupsi penjualan tanah Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Jambi.

"Menyatakan terdakwa Joko Susilo telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagai korupsi bersama-sama," tutur Sunarta.

Joko dijatuhi pidana penjara selama 3 tahun dengan denda sebesar Rp 50 juta. Jika tak kunjung membayar, Joko wajib mengganti dengan tambahan masa kurungan 3 bulan.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 3 tahun dan pidana denda sebesar Rp 50.000.000, (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila pidana tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan," kata Sunarta.

(knv/knv)