PAN Dinilai Lebih Untung Jika Pisah Jalan dengan Amien Rais

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 01 Sep 2020 13:18 WIB
PAN menggelar rakernas untuk mempersiapkan pemilihan ketua umum partai itu. Sejumlah tokoh mulai dari Amien Rais hingga Zulkifli Hasan hadiri acara itu.
Amien Rais bersama Zulkifli Hasan (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Membahas PAN Reformasi lagi, Qodari menjelaskan partai ini dapat dijadikan pembuktian popularitas Amien Rais. Selain itu, menarik pula jika Amien Rais membentuk PAN Reformasi dan bertarung dengan PAN yang dipimpin besannya, Zulkilfi Hasan, pada 2024.

"Bagi Pak Amien Rais sendiri ya partai ini merupakan katakanlah pembuktian sebetulnya popularitas dia atau variabel lain yang membesarkan PAN selama ini. Jadi akan menjadi eksperimen dalam tanda kutip ya, eksperimen politik yang sangat menarik apabila Amien Rais betul-betul menjadikan partai politik baru kemudian bertarung melawan PAN di Pemilu 2024 yang akan datang," imbuh Qodari.

Seperti diketahui, hubungan bapak dari Hanafi Rais dan Mumtaz Rais itu belakangan ini kembali memanas dengan PAN. Amien Rais digadang-gadang akan mendeklarasikan PAN Reformasi pada Desember nanti.

"Dari 30 nama yang diusulkan memang yang menguat Partai PAN Reformasi. Bukan singkatan ya, jadi PAN Reformasi, itu yang menguat," kata loyalis Amien Rais, Agung Mozin, kepada wartawan, Sabtu (29/8).

Sementara itu, petinggi PAN dingin menanggapi isu partai baru ini. Dia mengingatkan bahwa Amien Rais tak akan identik lagi dengan PAN jika membentuk partai baru.

"Jika Pak Amien mendirikan partai politik baru, maka publik akan menilai Pak Amien keluar dan meninggalkan PAN dan PAN tidak akan identik lagi dengan Pak Amien Rais," ujar Waketum PAN Viva Yoga Mauladi, Selasa (1/9).

Halaman

(rfs/fjp)