Masih Pandemi, Daftar Ulang-Pembekalan Mahasiswa Baru Unsyiah Digelar Online

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 19:14 WIB
Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal
Foto: Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal (Agus/detikcom)
Banda Aceh -

2.417 Peserta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi (SMMPTN) diterima di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh. Pihak Unsyiah menggelar proses pendaftaran ulang hingga pembekalan secara daring (online), untuk meminimalisir tatap muka di masa pandemi Corona (COVID-19).

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal mengatakan mahasiswa baru yang diterima lewat jalur mandiri tercatat 1.149 orang lulus di bidang Sains dan Teknologi (Saintek), dan 1.268 orang lulus di bidang Sosial dan Humaniora (Soshum). Mereka yang diterima diwajibkan mengikuti beberapa tahapan penting seperti pengisian biodata Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) Orientasi Sistem Informasi Kampus (Osimpus), tes kesehatan, pemotretan kartu mahasiswa, kelas perpustakaan, dan verifikasi data akademik lainnya.

"Tahapan ini wajib diikuti peserta sebagai persyaratan pendaftaran ulang sebelum memulai perkuliahan," kata Samsul dalam keterangan tertulis, Senin (31/8/2020).

Untuk proses daftar ulang dilakukan dengan cara berbeda. Bila sebelumnya mahasiswa diwajibkan hadir ke kampus, tahun ini digelar secara daring.

"Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus COVID-19 yang semakin masif di Aceh. Bahkan, kuliah perdana mahasiswa baru pada 14 September 2020 nanti, juga dilakukan secara video conference Zoom," jelas Samsul.

Selain itu, Osimpus dan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (Pakarmaru) juga dilakukan secara daring. Kedua pembekalan akan berlangsung dengan jadwal berbeda. Mahasiswa diharapkan memantau website https://orientasionline.unsyiah.ac.id/ dan melakukan pendaftaran Pakarmaru melalui https://pakarmaru.unsyiah.ac.id/.

Samsul berharap mahasiswa baru selalu memperbarui informasi melalui website dan media sosial Unsyiah. Masing-masing pembekalan tersebut memiliki jadwal dan alur berbeda.

Mahasiswa diminta untuk memantau informasi melalui www.unsyiah.ac.id atau menghubungi ke nomor 08116701962 (ULT Unsyiah) dan 08116752000 (Humas Unsyiah).

"Jangan sampai keengganan untuk mencari dan membaca informasi, membuat para peserta ketinggalan tahapan-tahapan penting yang menjadi persyaratan wajib bergabung di Unsyiah," ungkap Samsul.

(agse/aud)