Beraksi Belasan Kali, 2 Pelaku Curanmor di Tangerang Dibekuk Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 19:03 WIB
Polisi tangkap pelaku pencurian motor
Foto: Polisi tangkap pelaku pencurian motor (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya meringkus dua orang berinisial J dan M, tersangka pencurian motor (curanmor) di daerah Tangerang. Polisi mengatakan tersangka J bahkan telah beraksi sebanyak 13 kali selama tahun 2020.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan dua tersangka yakni J sebagai pemetik dan tersangka M sebagai joki. Yusri menyebut dua tersangka tersebut selalu menjalankan aksinya di depan minimarket atau tempat-tempat yang tergolong sepi.

"Modus operandi keduanya ini di tempat-tempat Alfamart yang pemilik kendaraannya lengah dan dilakukan aksi oleh mereka. Dengan menggunakan kunci T, dia merusak kendaraan dan kemudian membawa lari. Mereka bermainnya sering kali di malam hari," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (31/8/2020).

Yusri menyebut, tersangka J kerap melakukan aksi pencurian. Tersangka J setidaknya sudah lima kali beraksi sebagai pemetik di daerah Tangerang dan Tangerang Selatan.

Namun, hasil penyelidikan lebih lanjut yang dilakukan kepada tersangka J, diketahui yang bersangkutan total telah 13 kali berperan sebagai joki dalam aksi curanmor. Polisi mensinyalir tersangka J serta rekannya tersebut tergabung dalam komplotan pencuri kendaraan bermotor.

"Jadi pemetik 5 kali dan joki 13 kali. Mungkin akan berkembang lagi. Karena ini mereka kelompok seberang sana yang kita ketahui bersama sudah sering (melakukan curanmor). Ini masih kita dalami lagi," sebut Yusri.

Yusri mengatakan hingga kini pihaknya juga masih melakukan pengejaran terhadap penadah. Pengakuan keduanya mengatakan selalu menjual motor curian tersebut kepada penadah yang berada di Serang, Banten.

Atas tindakannya tersebut, kini kedua pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 dengan total ancaman 7 tahun penjara.

(mea/mea)