Polres Pemalang Punya Layanan Terpadu Tanpa Perlu Antre Panjang

Inkana Putri - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 15:10 WIB
Polres Pemalang
Foto: Polres Pemalang
Jakarta -

Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho meresmikan peluncuran inovasi layanan kepolisian terpadu Polres Pemalang. Berlangsung di halaman Mapolres Pemalang, Ronny secara simbolis melepas balon menandai dimulainya inovasi layanan tersebut.

Adapun launching pelayanan kepolisian terpadu ini dilakukan untuk memenuhi harapan masyarakat yang menginginkan pelayanan cepat tanpa antrean panjang selama masa adaptasi kebiasaan baru.

"Pelayanan di-launching untuk memenuhi harapan masyarakat, terutama bagi mereka yang tidak sempat mengurus surat-surat dan menghindari antrian panjang pada siang hari, sehingga jam pelayanan ditambah pada malam hari," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (31/8/2020).

Saat ini, Polres Pemalang menghadirkan tiga inovasi pelayanan, yakni SKCK on the spot, Salam Silam, dan SPKT on the spot.

"Dengan menggunakan 3 unit mobil, tiga komponen pelayanan SKCK on the spot, Samsat malam SIM malam (Salam Silam) dan SPKT on the spot telah berjalan dan mendapat apresiasi masyarakat," katanya.

Lebih lanjut Ronny menjelaskan, dalam pelayanan SKCK on the spot, petugas akan memberikan pelayanan selama 1x24 jam bagi masyarakat penyandang disabilitas.

"Begitu juga untuk pelayanan Salam Silam dan SPKT on the spot, selain di alun-alun Pemalang, juga akan dihadirkan di pasar dan terminal," ujarnya.

"Setelah launching, pelayanan akan ditingkatkan namun tetap memperhatikan protokol kesehatan," imbuhnya.

Ronny mengungkapkan melalui inovasi ini Polres Pemalang berupaya memberikan pelayanan pada masyarakat yang aman dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Petugas dan masyarakat diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, menggunakan face shield atau masker dan rajin mencuci tangan," paparnya.

Selain menerapkan protokol kesehatan, Ronny mengatakan pihaknya akan melakukan tes swab bagi para petugas.

"Selain itu, Polres Pemalang akan melakukan tes swab secara berkala pada petugas pelayanan, dari hasil tes swab yang telah dilakukan, Alhamdulillah seluruh petugas dinyatakan negatif," pungkasnya.

(mul/mpr)