Golkar Serahkan Dukungan Pilwalkot Makassar Sore Nanti, None atau Appi?

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 10:33 WIB
Ilustrasi Partai Golkar
Foto Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Makassar -

DPP Golkar sore nanti akan mengumumkan dukungan ke pasangan calon yang bertarung di 12 daerah pilkada serentak di Sulawesi Selatan dengan memberikan formulir dukungan format B.1-KWK. Kepada siapa dukungan di Golkar di Pilwalkot Makassar?

DPP Golkar sebelumnya telah memberikan SK penetapan pasangan calon wali kota-wakil wali kota Makassar 2020 kepada pasangan Irman Yasin Limpo dan Andi Zunnun Nurdin Halid (None-Zunnun). Belakangan, bakal calon wali kota Makassar lainnya, Munafri Arifuddin (Appi), melakukan manuver politik dengan resmi menjadi kader Golkar. Appi mendapat KTA Golkar dari DPP pada Rabu (26/8) lalu.

Manuver politik Appi itu membuat rumor jika Golkar, yang memiliki 5 kursi di DPRD Kota Makassar, akan mengalihkan dukungan dari None-Zunnun, Ketua DPD Golkar Sulsel Taufan Pawe memberikan jawaban.

"Itu adalah sikap DPP, itulah sikap DPP, bukan sikap DPD I, itulah sikap DPP yang menerbitkan kartu anggota Golkar kepada Munafri atau Appi," ujar Taufan kepada detikcom, Senin (31/8/2020).

Taufan enggan mengomentari lebih jauh terkait sikap DPP Golkar yang berada di antara None dan Appi menjelang pemberian formulir B.1-KWK sore nanti. Tapi dia menegaskan DPD I Golkar Sulsel akan mendukung penuh sikap DPP.

"Apa sikap saya kalau kondisi seperti ini? Ya nanti sore penerimaan B.1-KWK, kalau ada yang menerima itu maka saya akan bersikap tegak lurus, karena B.1-KWK itu adalah sikap politis secara nyata dari DPP, ketua umum dan sekretaris yang bertanda tangan di situ, maka saya harus bersikap tegak lurus (mendukung keputusan DPP)," jelasnya.

Lebih jauh Taufan enggan mengomentari soal bocoran B.1-KWK yang sudah banyak beredar. "Saya tidak bisa berkomentar, tapi jawabannya nanti sore. Sebentar sore untuk 12 daerah (di Sulsel) diumumkan," tegasnya.

(nvl/knv)