Cek Hasil Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya Selma UB 2020, Ini Caranya

Rosmha Widiyani - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 05:58 WIB
Universitas Brawijaya (Unibraw)
Cek Hasil Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya Selma UB 2020, Ini Caranya (Foto: Muhammad Aminudin)
Jakarta -

Peserta seleksi mandiri Universitas Brawijaya Selma UB 2020 sudah bisa mengetahui hasilnya pada Senin (31/8/2020). Sebelumnya, peserta sudah melakukan ujian serta pengisian data pendaftaran dan finalisasi.

Berikut cara cek hasil seleksi mandiri Universitas Brawijaya Selma UB 2020:

1. Klik link https://pengumuman.ub.ac.id/en/ dan pilih SMUB

2. Ketik kode peserta pada kolom yang disediakan

3. Ketik tanggal lahir atau nomor handphone yang kolom yang tersedia

4. Klik cari untuk mengetahui hasil Selma UB 2020

Seleksi mandiri Universitas Brawijaya Selma UB 2020 menjadi peluang melanjutkan pendidikan di PTN tersebut usai SNMPTN dan SBMPTN 2020. Selma UB 2020 tersedia bagi yang ingin memperdalam studi di kelompok saintek dan soshum sesuai minat peserta.

Selma UB 2020 mengharuskan peserta melunasi biaya pendaftaran, sebelum melakukan finalisasi menjadi peserta ujian di Universitas Brawijaya. Biaya pendaftaran untuk kelompok saintek dan soshum adalah Rp 350 ribu berdasarkan surat Nomor 5461/UB10/TU/2020.

Mekanisme Selma UB 2020 berubah terkait pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga sekarang. Selma UB 2020 dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2020 serta prestasi akademik dan non akademik. Seleksi tidak menggunakan skor ujian tulis seperti beberapa tahun sebelumnya.

Setelah dinyatakan lulus seleksi mandiri Universitas Brawijaya, peserta wajib mengikuti tahap selanjutnya sesuai aturan universitas. Informasi seputar tahap lanjutan bisa diketahui dengan mengakses link situs resmi Selma UB 2020 di www.selma.ub.ac.id.

Sejumlah alumni Universitas Brawijaya berhasil menjadi tokoh yang menginspirasi masyarakat misal Gamal Albinsaid, Djarot Saiful Hidayat, dan Munir. Gamal Albinsaid adalah seorang dokter dan wirasusahawan sosial yang terkenal dengan terobosan klinik asuransi sampah serta bank sampah. Sementara Djarot Saiful Hidayat sempat duduk menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

(row/erd)