Round-Up

Lagi dan lagi, Heboh Pulau Masuk Situs Jual-Beli

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 30 Agu 2020 21:18 WIB
Pasangan lansia La Hasa dan Wa Zifa penghuni Pulau Pendek di Buton, Sultra (Siti Harlina-detikcom).
Foto: Pulau Pendek di Buton, Sultra (Siti Harlina-detikcom).
Jakarta -

Lagi-lagi, sebuah pulau di Indonesia diperjualbelikan di situs jual beli online. Kali ini, pulau yang dijual adalah Pulau Pendek di wilayah perairan Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.

Penjualan Pulau Pendek terungkap setelah viral di media sosial. Pulau Pendek secara administratif terletak di Desa Boenotiro Barat, Kapontori, Kabupaten Buton.

Penjualan pulau itu pun membuat warga berang. Warga pun berniat melaporkan penjualan pulau yang saat ini hanya dihuni sepasang lanjut usia (lansia) itu.

"Hampir seluruh anak cucu (nenek moyang), baik kami yang di wilayah Kecamatan Kapontori maupun perantauan mau pulang, karena merasa kaget sekali (ada kabar Pulau Pendek dijual)," kata Kepala Desa Boenotiro Barat, Ilyas kepada detikcom, Minggu (30/8/2020).

Pulau pendek ini hanya dihuni oleh pasangan suami-istri lanjut usia, La Hasa dan Wa Zifa. Keduanya pun sudah puluhan tahun tinggal di pulau tersebut.

"Kalau pulau ini sejarahnya memang tanah adat," ujar La Hasa kepada detikcom.

Selain Pulau Pendek, sejumlah pulau di Indonesia juga pernah masuk di situs jual beli online. Berikut daftarnya:

1. Pulau Ayam, Kepulauan Riau

Pulau Ayam juga pernah masuk dalam situs jual beli online. Sebuah situs jual-beli pulau menampilkan Pulau Ayam di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, dijual.

Di situs itu, Pulau Ayam disebut sebagai 'private island' atau pulau pribadi. Dilihat detikcom di privateislandsonline.com, Jumat (26/6), terlihat Pulau Ayam dilabeli 'For Sale'. Dalam situs khusus jual-beli dan sewa pulau itu disebut Pulau Ayam berada di Kepulauan Anambas dengan luas 295 hektare.

Situs tersebut menyebut Pulau Ayam sebagai 'Private Island'. Harga pulau ini berdasarkan permintaan atau 'upon request'.

Namun, kabar Pulau Ayam diperjualbelikan langsung dibantah oleh Bupati Anambas, Abdul Haris. Dia memastikan isu penjualan Pulau Anambas, apalagi kepada pihak asing, tidak benar dan tidak mungkin terjadi.

"Isu yang berkembang saat ini bahwa ada sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Jemaja yang namanya Pulau Ayam dengan isu kepada orang asing atau dipromosikan untuk dijual kepada orang asing itu tidak benar dan ini tidak mungkin," kata Abdul Haris, dalam video yang diterima detikcom dari Sekdiskominfo Anambas.

2. Pulau Dua Barat, Kepulauan Seribu

Pada 2019 lalu, Pulau Dua Barat di Kepulauan Seribu juga dijual-belikan secara online. Iklan penjualan pulau yang terletak di Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara itu ditemukan di 3 situs.

Pulau Dua Barat dijual seharga Rp 243.040.000.000. Pengiklan menyatakan dia menjual satu pulau penuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3