Pemerintah: 70-90 Persen Orang Terpapar COVID Tanpa Gejala

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 30 Agu 2020 13:00 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo
Foto: Rusman-Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyebut 70 persen masyarakat yang terpapar virus Corona (COVID-19) adalah orang tanpa gejala (OTG). Doni mengatakan OTG bisa diderita siapa saja.

"Bisa saja orang di sekitar kita itu adalah orang tanpa gejala. Data yang kami peroleh pun 70% sampai 90% terkait orang-orang yang terpapar COVID adalah yang tanpa gejala," kata Doni dalam siaran langsung di akun Instagram Kemenko Perekonomian RI, Minggu (30/8/2020).

Menurutnya, orang tanpa gejala berpotensi menularkan dan menyebarkan virus, baik di tempat umum maupun di dalam rumah. Jadi sangat fatal akibatnya bagi kelompok rentan.

"Sangat fatal bagi mereka yang yang termasuk kelompok rentan. Termasuk mereka yang punya penyakit penyerta komorbid, seperti hipertensi, diabetes, kanker, jantung, dan penyakit paru," imbuh Doni.

Doni mewanti-wanti masyarakat untuk memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Hal tersebut guna meminimalkan penyebaran virus Corona.

Di kesempatan yang sama, Doni mengatakan 90 persen masyarakat telah paham pentingnya penggunaan masker di tengah pandemi Corona. Namun, tingkat kepatuhannya di bawah 70 persen.

"Kita kumpulkan dari beberapa wilayah 90% masyarakat kita itu sudah paham memakai masker tetapi kepatuhannya masih di bawah 70%, bahkan ada daerah yang kepatuhannya di bawah 50%," ungkap Doni.

Doni mengatakan, meski pemerintah telah memberlakukan sanksi bagi warga yang tak memakai masker, hal tersebut dinilai tetap tidak efektif. Menurutnya, butuh kesadaran dari warga untuk mengaplikasikan secara langsung pemakaian masker dalam aktivitas sehari-hari.

"Oleh karena itu, kami mengharapkan ada sebuah kesadaran bukan hanya kesadaran individu tetapi juga kesadaran kolektif," kata Doni.

(isa/gbr)