Panglima TNI-Kapolri Lepas Satgas Disiplin Protokol Kesehatan di Papua

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 29 Agu 2020 18:06 WIB
Panglima TNI-Kapolri lepas Satgas Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Papua
Panglima TNI-Kapolri lepas Satgas Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Papua (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis melakukan kunjungan ke Jayapura, Papua. Kunjungan Hadi dan Idham ke Papua dalam rangka pelepasan Satgas Pendisiplinan Protokol Kesehatan virus Corona (COVID-19).

Keduanya melaksanakan apel terlebih dulu di lapangan Markas Batalyon Infanteri 751/Raider, Sentani, Jayapura, Papua, Sabtu (29/8/2020). Hadi sebagai pemimpin apel yang didampingi oleh Idham.

Hadi mengatakan bahwa pandemi COVID-19 telah menyebar ke seluruh penjuru nusantara. Bahkan, kata dia, ke ujung timur Indonesia yaitu Provinsi Papua.

"Kita sudah sama-sama merasakan dampaknya terhadap semua sendi kehidupan bermasyarakat, mulai dari masalah kesehatan sampai ke persoalan ekonomi," kata Hadi berdasarkan keterangan yang dibagikan Pusat Penerangan (Puspen) TNI, Sabtu (29/8/2020).

Panglima TNI-Kapolri lepas Satgas Pendisiplinan Protokol Kesehatan di PapuaPanglima TNI-Kapolri lepas Satgas Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Papua Foto: Dok. Istimewa

Dia mengatakan sesuai Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 agar TNI-Polri mengerahkan kekuatan dalam rangka mendukung pemerintah daerah melaksanakan patrol pengawasan dan pembinaan masyarakat terkait pendisiplinan COVID-19. Untuk itu, kata dia, para Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga dan Bhabinkamtibmas yang saat ini siap untuk diberangkatkan ke tengah masyarakat menjadi garda terdepan untuk melaksanakan amanah Inpres tersebut.

Hadi mengingatkan para petugas pendisiplinan protokol kesehatan tersebut agar menggunakan pendekatan berbasis kearifan lokal dalam interaksi dengan masyarakat. Dia berharap anggotanya yang ditugaskan dapat menjadi teladan dan memberikan contoh bagaimana protokol kesehatan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengakhiri sambutannya, Hadi menyampaikan ucapan terimakasih atas dedikasi dan loyalitas para prajurit dan bhayangkara sekalian dalam mengemban amanah yang mulia ini. Menurutnya, upaya bersama antara TNI-Polri ini diharapkan menjadi awal dari keberhasilan menekan pandemi COVID-19, khususnya di Papua.

(fas/dkp)