Menhan Prabowo Terima Bantuan 30 Ton Alat Kesehatan dari Australia

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 29 Agu 2020 17:15 WIB
Menhan Prabowo menerima bantuan 30 alat kesehatan dari pemerintah Australia yang diwakilkan Wakil Dubes Australia untuk Indonesia Allaster Cox (Kadek Melda/detikcom)
Menhan Prabowo menerima bantuan 30 ton alat kesehatan dari pemerintah Australia yang diwakilkan Wakil Dubes Australia untuk Indonesia Allaster Cox (Kadek Melda/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima batuan alat kesehatan sebanyak 30 ton dari pemerintah Australia. Bantuan tersebut berisi masker, alat pelindung diri (APD), dan beberapa alat medis lainnya.

Serah-terima bantuan dilakukan di Terminal Selatan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (29/8/2020). Penyerahan dilakukan oleh Wakil Dubes Australia untuk Indonesia Allaster Cox kepada Menhan Prabowo.

"Sebagaimana diketahui, mereka kirim bantuan dari pihak Australia, pihak Kementerian Pertahanan Australia dan Angkatan Pertahanan ADO (Australian Defence Organisation). Jadi saya sampaikan penghargaan kita, terima kasih kita," kata Prabowo.

"Ini 30 ton (bantuan) dari dua pesawat, (isinya) alat-alat medis," lanjutnya.

Prabowo menyampaikan bantuan yang diberikan Australia kepada Indonesia membuktikan bahwa persahabatan kedua negara terjalin dengan baik. Dikatakan Prabowo, Indonesia juga sebelumnya sudah memberikan bantuan dengan mengirimkan pasukan untuk membantu memperbaiki kerusakan fasilitas umum di Australia akibat kebakaran hutan.

Menhan Prabowo menerima bantuan 30 alat kesehatan dari pemerintah Australia yang diwakilkan Wakil Dubes Australia untuk Indonesia Allaster Cox (Kadek Melda/detikcom)Bantuan akan disalurkan ke RS yang menangani pasien COVID-19 (Kadek Melda/detikcom)

"Jadi ini bukti daripada persahabatan, kerja sama, solidaritas. Kita tetangga yang baik, saling membantu. Sewaktu kebakaran (di Australia), kita juga menawarkan pengiriman yang kita kirim, bantuan dan pasukan dan kita tawarkan lebih bayak lagi," ujarnya.

Bahkan Prabowo juga sudah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengirim tambahan pasukan apabila dirasa kurang. Prabowo mengatakan kerja sama yang dilakukan ini menunjukkan bentuk hubungan baik dan saling pengertian antarnegara.

"Presiden juga sudah setujui kalau mereka perlu seribu, 2.000, 3.000 orang, kita siap bantu dan kali ini mereka yang bantu kita. Jadi inilah menunjukkan hubungan baik persahabatan dengan Australia. Kita tetangga yang baik, kita ingin kerja sama yang baik, ada pengertian yang baik, hubungannya baik kita dengan Australia," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Dubes Australia untuk Indonesia Allaster Cox merasa gembira atas penyerahan batuan alat kesehatan yang diberikan negaranya untuk Indonesia. Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Indonesia yang telah membantu mengirimkan pasukan saat peristiwa kebakaran hutan terjadi di Australia pada awal 2020.

Selanjutnya
Halaman
1 2