PKS-PDIP Bersatu di Pilgub Bengkulu Usung Petahana

Hery Supandi - detikNews
Sabtu, 29 Agu 2020 15:32 WIB
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah (Hery Supandi)
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah (Foto: Hery Supandi)
Bengkulu -

PDIP dan PKS bersama Golkar bersatu mendukung Gubernur Bengkulu petahana, Rohidin Mersyah, menjadi bakal cagub di Pilkada Bengkulu 2020. Rohidin bakal berpasangan dengan Rosjonsyah, yang saat ini menjabat Bupati Lebong.

Rekomendasi dukungan PDIP itu tertera dalam Surat Keputusan (SK) Rekomendasi Pengusungan Nomor 2085/IN/DPP/VIII/2020 ditujukan kepada Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu tanggal 28 Agustus 2020. PDIP memiliki tujuh kursi di DPRD Bengkulu.

"Alhamdulillah PDIP Perjuangan memberikan kepercayaan untuk mengusung kami (Rohidin-Rosjonsyah) untuk Pilgub Bengkulu," ujar Rohidin saat dihubungi via telepon (29/8/2020).

PKS juga disebut mendukung Rohidin-Rosjonsyah di Pilgub Bengkulu. Ketua DPW PKS Sujono mengatakan penyerahan SK akan dilakukan langsung oleh Presiden PKS Sohibul Iman.

"Tetapi khusus untuk SK calon gubernur dan calon wakil gubernur, itu nanti Presiden PKS sendiri yang akan menyerahkannya," kata Sujono.

Artinya, Rohidin-Rosjonsyah telah mengantongi dukungan dari gabungan parpol dengan total 17 kursi di DPRD Bengkulu. Rinciannya, PDIP dan Golkar masing-masing tujuh kursi dan PKS tiga kursi.

Jumlah tersebut telah memenuhi syarat dukungan parpol dengan jumlah minimal 9 kursi di DPRD Bengkulu untuk mendaftar ke KPU.

(haf/haf)