Dianjurkan Banyak Berbagi di Bulan Muharam, Ini Cara Donasi via Grab

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Sabtu, 29 Agu 2020 13:06 WIB
sedekah
Foto: shutterstock
Jakarta -

Berbagi rezeki atau bersedekah di bulan Muharam, terutama pada hari kesepuluhnya atau hari Asyura, merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan selain berpuasa. Dalam kalender masehi, hari Asyura tersebut jatuh pada hari Sabtu ini, (29/8/2020).

Dikutip dari Nu Online, keluarga terdekat adalah pihak utama yang mesti diperhatikan pada hari tersebut untuk berbagi rezeki. Sebab ada hadits riwayat At-Thabrani dan Al-Baihaqi yang berbunyi, "orang yang melapangkan keluarganya di hari Asyura maka Allah akan melapangkan hidupnya pada tahun tersebut."


Maksud melapangkan keluarga tersebut ialah dengan mencukupi kebutuhan makan atau berbagai kebutuhan lainnya. Namun, meski berbagi rezeki untuk keluarga terdekat merupakan amalan yang dianjurkan di hari Asyura, tetapi seharusnya tidak menghalangi untuk terus berbagi dan buat siapapun.

Sebab banyak yang orang yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya di era pandemi ini dan pintu untuk berbagi sangat mudah dilakukan cukup dengan smartphone. Salah satunya dengan aplikasi Grab.

Buat pengguna Grab bisa bersedekah atau berdonasi lewat aplikasi. Caranya, cukup buka aplikasi Grab dan scroll laman utama ke bawah serta klik bagian 'Berdonasi untuk bantu sesama, yuk!'.


Dalam laman tersebut, pengguna Grab bisa berdonasi untuk tiga pilihan. Pertama, untuk membantu program patungan rezeki #SwabAndSaveIndonesia yang menyediakan tes PCR gratis. Donasi akan dialihkan untuk membantu orang yang kurang beruntung dan kesulitan untuk tes PCR.

Kedua, program patungan pendidikan Grab yang bekerja sama dengan BenihBaik untuk membantu anak mitra Grab mewujudkan cita-citanya. Ketiga, Grab bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan BenihBaik mengumpulkan donasi untuk keluarga prasejahtera yang terdampak COVID-19.

Pengguna Grab hanya perlu mengklik 'Donasi Sekarang' di antara tiga pilihan tersebut, selanjutnya tinggal pilih total saldo OVO yang bakal didonasikan.

(mul/mpr)