Pulau Tikus Tinggal Setengah Hektare, Pemprov Bengkulu Dukung Reklamasi

Hery Supandi - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 15:04 WIB
Pulau Tikus di Bengkulu.
Pulau Tikus di Bengkulu (Hery/detikcom)
Bengkulu -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mendukung rencana reklamasi Pulau Tikus karena abrasi. Pulau Tikus, yang memiliki luas 2,5 hektare, kini hanya tinggal 0,5 hektare.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu Sri Hartati mengaku pihaknya berupaya maksimal untuk menyelamatkan Pulau Tikus dari ancaman abrasi. Terlebih, meningkatnya volume air laut akibat pencairan kutub akibat pemanasan global secara tidak langsung mengancam keberadaan Pulau Tikus.

"Pemprov sangat mendukung upaya reklamasi tersebut. Pulau Tikus itu kan masuk dalam wilayah administratif Kota Bengkulu. Sebelumnya, sudah ada upaya yang mengarah ke sana," kata Sri, di Bengkulu Jumat (28/8/2020).

Sri menjelaskan reklamasi itu bisa saja dilakukan tetapi prosesnya harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Apalagi luasan Pulau Tikus saat ini terus berkurang.

Namun, kata Sri, reklamasi belum bisa dilakukan karena ada prosesnya, yakni perencanaan, seperti penentuan lokasi, penyusunan rencana induk, studi kelayakan dan pembuatan detail design. Selain itu, dia menekankan harus sesuai dengan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K).

Tonton juga 'Keindahan Bawah Laut Pulau Tikus, Bengkulu':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2